Rekomendasi 6 Buah Pembangkit Energi, Bikin Tubuh Bugar Seharian
Ilustrasi buah pembangkit energi (Foto: Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda memikirkan bahwa mungkin buah-buahan yang Anda konsumsi setiap hari dapat menjadi sumber energi alami bagi tubuh? Buah tidak hanya memiliki rasa yang lezat yang menyengarkan, namun juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta memberikan dorongan energi yang Anda butuhkan. Nah, dalam artikel ini akan diulas buah pembangkit energi yang dapat Anda konsumsi agar badan tetap bugar seharian. Baca terus, sampai akhir ya!

7 Buah Pembangkit Energi

  1. Pisang

Rekomendasi buah pembangkit energi yang pertama adalah pisang. Buah ini menjadi andalan para bikers untuk membangkitkan energi dalam waktu singkat.

Tak heran bila pisang sering disimpan di balik kostum sepeda, atau di tas-tas yang menempel di sepeda, untuk booster energi di tengah perjalanan.

Sebuah tinjauan tahun 2020 yang diterbitkan di Food Reviews Internasional menyatakan, konsumsi dua buah pisang bisa memberikan energi dalam rentang 90 menit.

Satu buah pisang ukuran sedang mengandung 105 kalori dan 3 gram serat untuk energi yang stabil.

  1. Apel

Rekomendasi buah pembangkit energi yang berikutnya adalah apel. Buah yang satu ini tidak hanya memiliki rasa yang lezat, dalam buah apel terkandung serat dalam jumlah yang tinggi. Serat akan membantu gula alami dicerna secara perlahan sehingga menghasilkan energi yang berkelanjutan.

Satu buah apel ukuran sedang (sekitar 6,5 ons) mengandung 95 kalori dan 4 gram serat. Bila Anda menginginkan camilan yang mengenyangkan, santaplah beberapa irisan apel dengan selai kacang.

  1. Alpukat

Alpukat termasuk ke dalam buah yang dapat memberikan dorongan energi. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat dan dapat mencegah lonjakan kadar gula dalam darah.

Alpukat mengandung lemak sehat, sehingga dapat digunakan sebagai pembangkit energi. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (United States Departemen of Agriculture/USDA), secangkir alpukat yang diiris mengandung 234 kalori, 10 gram serat dan 17 gram lemak tak jenuh.

  1. Plum

Kendati buah plum terkeal memiliki efek pencahar, buah ini dapat dijadikan sebagai pembangkit energi. USDA mengatakan, dua buah plum menyediakan 69 kalori dan 2 gram serat.

  1. Persik

Buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan ini mengandung kalori dalam jumlah yang besar.

Berdasarkan laporan USDA, satu buah persik dengan berat sekitar 5 ons mengandung 69 kalori dan 2 gram serat. Konsumsi buah persik dapat membuat tubuh Anda bugar seharian.

Selain tinggi kalori, buah persik juga merupakan sumber nutrisi penting. Di dalamnya terkandung kalium, vitamin A, vitamin C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Jeruk

Buah jeruk adalah sumber vitamin C alami. Menurut National Institutes of Health, vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi stres oksidatif, yang membantu mencegah kelelahan.

Kendati kasus kekurangan vitamin C jarang terjadi, orang yang tidak mendapatkan asupan vitamin C dalam jumlah yang cukup berpotensi mengalami penyakit kudis, yang mengakibatkan perasaan lemah dan kelelahan.

Bagi Anda yang kekurangan zat besi, vitamin C yang notabene larut dalam air dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Defisiensi zat besi dapat membuat tubuh menjadi lelah dan lemas.

Konsumsi jeruk di antara waktu makan dapat memberikan dorongan energi yang cepat.

Demikian informasi tentang buah pembangkit energi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.