Tips Jalani Sustainable Life Ala Maudy Ayunda
Maudy Ayunda (Foto: Instagram @maudyayunda)

Bagikan:

JAKARTA - Maudy Ayunda dihadirkan menjadi seorang pembicara di pagelaran Ideafest 2023 dan membahas hal yang berkaitan dengan pentingnya menjaga lingkungan seperti penggunaan kendaraan umum. Dalam kesempatan ini, Maudy Ayunda mencoba membagikan tips menjalani sustainable life dengan caranya.

Maudy menjabarkan 3 hal yang ia lakukan dalam menjalankan sustainable life tersebut. Pertama, ia akan menumbuhkan rasa penasaran yang akan membuatnya selalu ingin tahu mengenai masalah yang terjadi di luar dan penting untuk diperjuangkan.

"Jadi kalau dari aku mulai melakukan tiga hal. Satu, aku pengen punya curious dan itu penting. Kita harus tahu dan selalu ingin tahu masalah di luar sana tuh apa aja sih. Dan bahwa ini penting untuk kita perjuangkan," lanjut Maudy.

Yang kedua, pemilik nama asli Ayunda Faza Maudya ini mengatakan bahwa harus memiliki kesadaran diri dari gaya hidup hingga soft skill yang dimiliki setiap orang. Hal ini ditujukan dalam hal pemilihan transportasi umum atau ke sustainable fashion.

"Terus yang kedua peran kita, kita harus punya self awareness kira-kira dari lifestyle kita atau dari skill soft kita sebenarnya yang mana nih yang mana untuk kita lakukan, yang mudah dulu. Mungkin ini terkait dengan pemilihan publik transportasi aku juga udah ganti kendaraan listrik," lanjutnya.

"Atau lebih salah satunya sustainable fashion dulu deh. Sustainable fashion juga bukan pakai baju recycle gini, tapi pada saat belanja kita tuh mikirnya jangka panjang. Jadi bukan fast fashion tapi buying yang kita rasa bisa dipakai 5 tahun ke depan," sambungnya.

Lalu yang terakhir adalah bentuk aksi yang dilakukan. Sudah sebaiknya bila anak muda bagi Maudy Ayunda untuk memiliki pemikiran mengubah gaya hidup untuk menjaga lingkungan hidup salah satunya adalah membawa tas belanja sendiri sehingga tidak harus menggunakan plastik.

"Terus yang ketiga buys to action I think this is so important. Kalau anak anak muda udah punya sense ah gua Coba kemana-mana bawa totebag gak pake plastik atau apa just start. Karena itu tentang gaya hidup. Awalnya buat aku juga susah banget, bener-bener kayak setiap belanja grosir atau apa harus siap si tas (belanja) awalnya ribet tapi lama-lama pake by sistem aja. Jadi kayak di mobil di setiap tas besar aku ada tas, jadi yang jadi konsen itu mudah untuk dieksekusi," tuturnya.

Terkait