Kacang Pistachio, Camilan Rekomendasi Cardiologis untuk Jantung Lebih Sehat
Ilustrasi camilan kacang pistachio rekomendasi cardiologis untuk jantung sehat (Freepik/xb100)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jantung berperan penting dalam mendukung fungsi-fungsi tubuh. Organ ini berdetak sekitar 2,5 miliar kali sepanjang Anda hidup. Jantung bekerja memompa darah ke seluruh tubuh maka penting menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan jantung. Alih-alih nyemil makanan tak sehat, cardiologis atau ahli jantung merekomendasikan camilan yang mendukung jantung lebih sehat. Yaitu kacang pistachio, dengan menambahkan segenggam camilan ini dalam rutinitas harian Anda untuk mendapatkan kesehatan jantung.

Penting dipahami, tidak ada bukti ilmiah bahwa mengonsumsi makanan apapun bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Hanya saja, perlu mengantisipasi dan mengatur apa saja yang dikonsumsi untuk jantung lebih sehat. Artinya, Anda perlu membatasi makanan tinggi lemak jenuh dan lebih banyak konsumsi ikan berlemak, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Ini alasan kenapa ahli jantung merekomendasikan kacang pistachio untuk camilan sehat Anda.

Pistachio berkaitan dengan menurunkan kolesterol

Salah satu indikator pertama jantung sehat adalah kadar kolesterol Anda. Melansir Livestrong, Selasa, 19 September, kadar kolesterol LDL tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sementara, kadar HDL lebih tinggi menurunkan risiko tersebut. Salah satu cara meningkatkan kadar kolesterol baik, adalah dengan menjalani pola makan sehat. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih lemak sehat dari kacang-kacangan yang dikonsumsi antara 20-35 persen kalori harian Anda.

camilan kacang pistachio rekomendasi cardiologis untuk jantung sehat
Ilustrasi camilan kacang pistachio rekomendasi cardiologis untuk jantung sehat (Freepik/jcomp)

“Sebagian besar lemak dalam pistachio adalah lemak tak jenuh, yang dikaitkan dengan penurunan kolesterol,” jelas Jim Liu, MD., ahli jantung dan asisten profesor klinis penyakit dalam di The Ohio State University Wexner Medical Center.

Pistachio berhubungan dengan menurunkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah tidak hanya cukup dengan mengonsumsi kacang pistachio. Namun, kacang pistachio bisa jadi pilihan camilan sehat untuk mencegah meningkatnya tekanan darah alih-alih mengonsumsi makanan tak sehat.

Bagi penderita tekanan darah tinggi, direkomendasikan makan rendah sodium. Makanan ini terdiri dari tiga porsi lemak sehat setiap hari dan 4-5 porsi kacang-kacangan, buncis, biji-bijian, dan kacang polong setiap minggunya. Ketika Anda mengonsumsi 1,5 ons atau segenggam pistachio setiap hari, dikaitkan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik lebih rendah, menurut penelitian tahun 2015 dipublikasikan dalam Nutrients.

Pistachio kaya serat

Serat makanan penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ini membantu pencernaan bekerja optimal, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan jantung. Orang yang mengonsumsi serat dalam jumlah tinggi, memiliki risiko penyakit jantung dan kematian akibat penyakit tersebut jauh lebih rendah.

camilan kacang pistachio rekomendasi cardiologis untuk jantung sehat
Ilustrasi camilan kacang pistachio rekomendasi cardiologis untuk jantung sehat (Freepik/user2386360)

Dalam 1 ons kacang pistachio, mengandung 3 gram serat makanan atau sekitar 11 persen dari nilai harian (DV). Rata-rata, orang dewasa membutuhkan serat 20-35 gram serat per hari. Artinya, Anda bisa memilih camilan sehat ini untuk kesehatan Anda secara keseluruhan termasuk jantung sehat.

Pistachio sebagai antioksidan

Salah satu nutrisi terpenting yang berkaitan dengan kesehatan jantung adalah antioksidan. Ini termasuk vitamin C dan E serta selenium dan beta karoten. Antioksidan, mendukung kesehatan jantung dengan melawan oksidan alias radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

“Tingkat antioksidan yang tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung,” jelas Ankit Shah, MD., ahli jantung olahraga dan asisten profesor kedokteran di Georgetown University Medical Center.

Kacang pistachio sangat kaya akan antioksidan, vitamin E, polifenol, kerotenoid lutein, dan zeaxanthin. Kacang ini juga termasuk 50 makanan antioksidan teratas pada ulasan dalam jurnal Plants.

Pistachio mendukung gula darah sehat

Manfaat pistachio selain untuk jantung, juga dikaitkan dengan tingkat gula darah sehat. Mengonsumsi pistachio telah dikaitkan dengan kadar gula darah dan insulin lebih rendah. Selain juga meningkatkan metabolisme secara keseluruhan pada orang mengalami prediabetes.

Perlu diketahui, satu porsi pistachio sekitar 1 ons atau 28 gram. Ini sama dengan 159 kalori yang bisa Anda konsumsi sebagai camilan untuk jantung lebih sehat. Pilihlah pistachio mentah tanpa garam, rekomendasi ahli jantung.