Umay Shahab Ungkap Alasan Beranikan Diri Jadi Sutradara di Usia 22 Tahun
Umay Shahab. (Foto: Instagram @umayshahab)

Bagikan:

JAKARTA - Artis cilik Umay Shahab kini terlihat beralih profesi menjadi sutradara di balik layar perfilman. Perjalanan kariernya di dunia sutradara sebenarnya dimulai sejak usia 15 tahun dengan pembuatan film pendek berjudul "Cinta di Balik Awan."

Kini, Umay semakin aktif dalam karier sutradaranya. Kesuksesannya terlihat ketika ia mulai mengarahkan film panjang yang berhasil menarik perhatian 2 juta penonton ke bioskop dengan film "Ku Kira Kau Rumah," yang dibintangi oleh Jourdy Pranata dan Prilly Latuconsina.

Dalam salah satu kesempatan, Umay berbagi cerita tentang awal perjalanan kariernya sebagai sutradara, yang dimulai pada usia yang masih relatif muda, yaitu 22 tahun. Kesempatan untuk mengenal sosok sutradara seperti Monty Tiwa dan bekerja dengan Prilly Latuconsina menjadi keberuntungan tersendiri dalam perjalanannya menjadi sutradara.

"Mungkin alhamdulillahnya gue berangkat dari privilege gue kenal sama Pak Monty, gue kenal sama Prilly, gue sebelumnya aktor dan jadi memang mungkin karena ada hal itu yang bisa mendorong gue sampai ada di titik ini," ujar Umay Shahab ketika ditemui di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 14 September.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada akhirnya yang terpenting adalah niat untuk terus belajar dan membuktikan diri.

"Kalau ditanya kenapa mau ya karena gue suka, sesimpel itu jawabannya. Karena menyenangkan untuk membuat karya, mengeluarkan statement dalam bentuk audio visual," lanjutnya.

Selain itu, Muhammad Arfiza Shahab, nama asli Umay, mengungkapkan bahwa banyak pihak telah menawarinya untuk menjadi sutradara di luar rumah produksi Sinemaku. Namun, saat ini, Umay lebih tertarik untuk berkolaborasi dengan rumah produksi yang telah menawarkan proyek kepada dirinya.

"Alhamdulillah banyak banget cuma sekarang kebetulan emang Sinemaku kan founded by gue juga, jadi kayaknya kalau kita mau kerja sama dengan, atau gue pengin ditarik sama PH lain buat ngerjain project mungkin akan terjadi kerja sama atau kolaborasi antara Sinemaku sama PH tersebut. Jadi karena gue eksklusif sama Sinemaku juga, jadi selain mengerjakan sesuatu ya bisanya berkolaborasi," pungkasnya.