Cara Mengatur TIdur Kerja Shift Malam, Tetap Bisa Beristirahat secara Berkualitas
Cara mengatur tidur kerja shift malam (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mengatur waktu tidur menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja shift malam. Ketika para pekerja siang hari bisa tidur beristirahat dan tidur nyenyak di waktu malam, pekerja shift malam harus terjaga untuk bekerja. Jika Anda salah satunya, lantas bagaimana cara mengatur tidur kerja shift malam?

Tubuh manusia memiliki ritme sirkadian, yang mana memiliki pola alami atau jam biologis setiap 24 jam dan mempengaruhi energi, fungsi tubuh, hingga suasana hati. Jadi pola tidur sangat berkaitan dengan kesehatan fisik dan mental. Hal ini terkadang menjadi salah satu kekhawatiran atau kebingungan para pekerja shift malam yang harus mengubah pola tidur. 

Memang ada beberapa orang yang harus menjalani pekerjaan di malam hari. Meski tidur itu sewajarnya dilakukan di malam hari, namun Anda sebagai pekerja malam tetap harus mengatur jam tidur dan menjaga kualitas tidur. Lantas bagaimana caranya?

Cara Mengatur Tidur Kerja Shift Malam

Pekerja malam tetap bisa mendapatkan tidur yang berkualitas asalkan bisa mengatur jam tidur sebaik mungkin. Dengan memiliki tidur yang berkualitas maka bisa terhindar dari masalah kesehatan dan bisa merasa tetap bugar ketika bangun. 

Berikut ini beberapa tips atau langkah yang bisa diterapkan para pekerja shift malam untuk mengatur pola tidur dan menjaga tidur berkualitas:

Tetap Menjadikan Waktu Tidur sebagai Prioritas

Salah satu langkah penting yang perlu dilakukan oleh para pekerja shift malam adalah tetap menjadikan tidur sebagai prioritas utama. Meskipun Anda juga harus bekerja profesional saat malam hari, namun Anda tetap tidak boleh mengabaikan pentingnya tidur. 

Jadi saat Anda selalu memprioritaskan kebutuhan tidur, maka Anda akan selalu berusaha untuk mendapatkan jumlah tidur yang cukup. Pola atau kebiasaan ini akan membantu mencegah kelelahan tubuh dan menjaga performa kerja tetap optimal.

Usahakan Tidur dengan Durasi Cukup Pasca Shift Malam

Menuntut diri untuk tetap terjaga sepanjang malam memang merupakan tugas yang cukup sulit. Terkadang Anda mungkin merasa pusing dan lemas karena kurang tidur. Untuk menghindari masalah tersebut, maka Anda perlu memiliki waktu tidur yang cukup panjang atau ideal.

Sebab jika Anda kekurangan tidur maka akan mengganggu keseimbangan hormon hingga mengurangi imunitas, yang akhirnya berdampak buruk pada kesehatan. Jadi setelah selesai bekerja, disarankan untuk tidur dengan waktu yang cukup lama. Dengan memiliki jam tidur yang cukup maka akan membantu memulihkan kondisi fisik dan mencegah tubuh kelelahan.

Segera Tidur setelah Selesai Bekerja

Setelah menyelesaikan shift malam, disarankan untuk segera pulang dan istirahat. Jadi sebaiknya hindari kebiasaan nongkrong atau pergi ke tempat lain setelah selesai kerja. Apalagi jika hal itu mengharuskan Anda perjalanan jauh atau aktivitas berat.

Setelah tubuh kelelahan harus bekerja dengan semalam tanpa tidur, penting untuk segera tidur setelah bekerja. Kebiasaan ini akan membantu tubuh bisa kembali bugar dan mengisi energi secara optimal.

Menghindari Paparan Cahaya Lampu saat Tidur

Seringkali beberapa pekerja mengalami kesulitan tidur dengan beragam alasan. Salah satu penyebabnya mungkin karena paparan cahaya dari lampu. Memang banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mematikan lampu ketika Anda bersiap tidur. Mengurangi paparan cahaya setidaknya akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Mengurangi Konsumsi Kafein

Pegawai yang bekerja pada shift malam sering kali mengonsumsi kafein seperti kopi, untuk menjaga diri betah melek dan menghindari kantuk selama bekerja. Meski hal ini sudah menjadi kebiasaan umum, namun sebaiknya Anda mengurangi konsumsi kafein. Dengan konsumsi kafein sewajarnya saja maka akan membantu Anda menghindari kesulitan tidur setelah menyelesaikan shift malam.

Demikianlah cara mengatur tidur kerja shift malam. Meski Anda tidak bisa beristirahat di malam hari seperti orang-orang pada umumnya, Anda tetap wajib memiliki tidur yang berkualitas. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu terbaru menghadirkan dan terupdate nasional maupun internasional.