Olahraga Kardio, Menurut Penelitian Bermanfaat Dapatkan Orgasme Lebih Baik dan Meminimalisir Disfungsi Ereksi
Ilustrasi olahraga kardio bermanfaat mendapatkan orgasme lebih baik dan meminimalisir disfungsi ereksi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apabila Anda menjalani olahraga kardio secara rutin, tidak hanya menyehatkan fisik serta mental. Olahraga kardio melibuti jalan cepat, lari, burpees, renang, bersepeda, naik-turun tangga, dancing, hingga boxing. Jenis olahraga ini, menurut temuan penelitian, bermanfaat untuk kehidupan seksual. Pasalnya, penelitian menunjukkan hasil analisis bahwa semakin rutin peserta penelitian berolahraga, lebih sedikit mengalami masalah dalam kehidupan seksual.

Penelitian dipublikasikan dalam The Journal of Sexual Medicine, menemukan bahwa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu melakukan latihan kardio, memiliki lebih sedikit masalah seks fisik seperti disfungsi ereksi pada pria dan merasa terangsang pada wanita. Peneliti meminta 3.906 pria dan 2.264 wanita yang bersepeda, berenang, atau berlari untuk mengisi survei. Peserta berasal dari berbagai negara, antara lain Amerika Serikat, Selandia Baru, Kanada, Inggris, dan Australia. Mereka semua berusia di atas 18 tahun atau dengan rata-rata usia 40 tahun.

olahraga kardio bermanfaat dapatkan orgasme lebih baik dan minimalisir disfungsi ereksi
Ilustrasi olahraga kardio bermanfaat mendapatkan orgasme lebih baik dan meminimalisir disfungsi ereksi (Freepik)

Dalam survei tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan tentang seberapa sering peserta berolahraga setiap minggunya, jarak dan kecepatan mereka berolahraga, serta pernahkah melakukan metode tertentu dalam latihannya. Para peneliti juga bertanya pada para pria apakah pernah mengalami disfungsi ereksi dan seberapa sering. Peserta wanita ditanyai tentang nilai kepuasan orgasme mereka, ditambah seberapa mudah atau sulit terangsang secara seksual.

Pria yang membakar lebih dari 8.000 kalori setiap minggu memiliki risiko disfungsi ereksi lebih rendah. Faktanya, pria yang cukup berolahraga hingga membakar kalori lebih dari 8.260 kalori setiap minggu memiliki peluang 22 persen lebih kecil mengalami disfungsi ereksi dibandingkan pria yang membakar lebih sedikit kalori. Para peneliti mengatakan, kehilangan jumlah kalori tersebut setara dengan sekitar 10 jam bersepeda dengan kecepatan 26 kilometer per jam selama seminggu.

Wanita yang lebih banyak waktu olahraga kardio, dilansir Business Insider, Rabu, 6 September, mengatakan mengalami orgasme yang lebih baik. Peserta wanita yang mengikuti penelitian juga mengatakan lebih puas dengan orgasmenya dibanding wanita yang berolahraga lebih sedikit waktu. Mereka juga melaporkan lebih mudah terangsang.

Berolahraga, menurut peneliti, mungkin berguna untuk memotong waktu duduk, rebahan, dan pasif. Dengan berolahraga lebih keras, mereka mendapatkan manfaatnya untuk fungsi seksual. Selain terkait dengan fungsi seksual, olahraga kardio juga memiliki manfaat terkait peningkatan kesehatan jantung dan suasana hati lebih baik.