7 Sumber Karbohidrat yang Sehat Dikonsumsi Tanpa Takut Gendut
Ilustrasi sumber karbohidrat yang sehat dikonsumsi (Freepik/Lifestylememory)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Karbohidrat sering dijadikan kambing hitam terkait dengan naiknya berat badan. Padahal, tubuh membutuhkan makronutrien ini sebagai sumber energi. Karbohidrat juga menyediakan energi untuk seluruh organ berfungsi secara optimal. Lantas karbohidrat yang bagaimana yang sehat dan berpotensi minim menaikkan berat badan kalau dikonsumsi dalam ukuran yang tepat? Ini daftarnya.

1. Kentang

Kentang adalah sumber nutrisi yang mengandung 4 gram protein nabati, hampir 5 gram serat, dan 25 persen potassium yang dibutuhkan sehari. Menurut ahli diet terdaftar, Rachael Hatley, RD., banyak orang mengira kentang putih tidak sehat. Padahal sebenarnya kentang kaya antioksidan, vitamin C, potasium, dan mengandung banyak serat. Maka Anda bisa memasukkan kentang dalam daftar sumber karbohidrat yang sehat. Namun, pilih diolah dengna direbus, dikukus, atau dipanggang daripada digoreng.

2. Labu

Labu adalah sayuran yang padat nutrisi dan bertepung. Selain menawarkan karbohidrat kompleks yang membuat Anda awet kenyang, labu mengandung beta-karoten yang baik untuk mata dan kulit. Dalam satu cangkir puree labu polos, Anda bisa mendapatkan serat, vitamin A, potasium, dan zat besi.

sumber karbohidrat yagn sehat dikonsumsi
Ilustrasi labu merupakan sumber karbohidrat yang sehat dikonsumsi (Freepik/Azerbaijan_stockers)

3. Beras

Orang Indonesia banyak yang menganggap belum makan kalau belum makan nasi. Namun jangan salah paham dulu, dalam porsi yang tepat, nasi dari beras merah atau cokelat dan putih bisa jadi sumber karbohidrat yang sehat. Hatley dilansir Good Housekeeping, Rabu, 6 September, menjelaskan bahwa nasi putih tidak mahal, mudah dicerna, kaya vitamin dan mineral, dan lebih baik daripada karbohidrat olahan seperti roti atau pasta.

4. Kurma

Kurma adalah buah manis dan dikeringkan. Buah kering tanpa tambahan gula ini kaya nutrisi penting, termasuk serat, vitamin, dan mineral. Hanya mengonsumsi dua biji kurma, Anda bisa mendapatkan 3,2 gram serat atau 12 persen kebutuhan serat harian. Selain itu, serat dalam kurma bersifat serat larut yang membantu menurunkan kolesterol LDL.

5. Yoghurt

Sama seperti sumber susu lainnya, yoghurt adalah pilihan karbohidrat yang mengandung laktosa, gula alami. Kalau dibandingkan, protein memang lebih tinggi daripada karbohidrat dalam yoghurt. Namun bisa juga menjadi sumber kalsium, vitamin D, dan probiotik penyeimbang usus. Satu hal yang perlu diperhatikan, pilih produk yoghurt dengan kandungan gula paling rendah. Jika bisa, konsumsi yoghurt tanpa tambahan gula.

sumber karbohidrat yang sehat dikonsumsi
Ilustrasi yoghurt, biji gandum, dan blueberry sumber karbohidrat yang sehat dikonsumsi (Freepik)

6. Pisang

Pisang adalah sumber karbohidrat sederhana dengan gula alami, mengandung potasium dan magnesium, serta menyediakan senyawa prebiotik nabati yang membantu memberi makan bakteri baik dalam usus. Anda bisa menikmati pisang utuh sebelum olahraga untuk mendapatkan energi.

7. Buah beri

Semua jenis buah beri merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik dan kaya akan nutrisi. Misalnya blueberry, yang kaya serat dan vitamin C. Buah segar ini juga menawarkan mikronutrien penting lainnya, seperti potasium dan magnesium.

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi blueberry dan stroberi setiap hari, mungkin dikaitkan dengan efek positif pada kesehatan. Seperti menurunkan inflamasi, sensitivitas insulin, tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan kognitif.

Ketujuh daftar sumber karbohidrat yang sehat dikonsumsi tanpa takut gendut di atas, bisa Anda masukkan sebagai variasi menu harian. Adakah sumber karbohidrat lainnya yang sering Anda konsumsi setiap hari?