4 Posisi Seks yang Tepat Buat Kamu yang Sering Nyeri Punggung
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Seks dengan nyeri punggung, pasti rasanya sangat tidak nyaman. Penelitian menunjukkan bahwa kurang lebih 37 persen orang dewasa dengan nyeri punggung bawah mengalami kesulitan saat berhubungan seks. Selain itu, 7 persen melaporkan bahwa nyeri pinggang membatasi kehidupan seks mereka secara signifikan.

Ada sejumlah posisi dan trik efektif meminimalisir sakit punggung saat berhubungan seks. Jika Anda cenderung menggunakan posisi yang sama dengan pasangan, beberapa posisi baru ini  akan terasa sedikit canggung pada awalnya. Dengan mendiskusikannya terlebih dahulu, Anda bisa merasa lebih nyaman saat berhubungan seks dan mengurangi risiko cedera.

Posisi seks yang direkomendasikan sangat bermanfaat terutama bagi pasangan lanjut usia yang nyeri pinggangnya bersifat progresif. Hal ini terutama berlaku pada wanita pascamenopause. dengan kemungkinan lebih besar mengalami nyeri punggung bawah dibandingkan pria berusia sama.

Posisi Misionaris

Saat Anda dalam posisi misionaris, dimana posisi Anda ada dibawah, cobalah topang punggung bagian bawah dengan meletakkan gulungan handuk di bawahnya. Ini kemungkinan akan membuat pantat Anda sedikit melengkung. Membuat sedikit lengkungan lebih baik daripada menjaga punggung tetap rata. Punggung yang rata memaksa panggul sedikit ke depan, menyebabkan fleksi lebih dari yang Anda duga.

Partner on Top

Jika posisi misionaris dirasa kurang nyaman, Anda dan pasangan bisa coba posisi partner on top. Salah satu cara menstabilkan punggung adalah dengan menempatkan pasangan Anda di atas, sedangkan Anda berbaring telentang.

Namun, Anda perlu sampaikan pada pasangan agar bergerak hati-hati. Sebab, hal ini dapat memaksa panggul Anda masuk ke kasur, menyebabkan tulang belakang tertekuk. Salah satu cara menghindarinya adalah dengan meletakkan papan kokoh di bawah bokong dan punggung bawah. Hal ini dapat membantu menjaga punggung Anda tetap lurus sementara kasur di bawahnya berfungsi sebagai peredam kejut.

Duduk dan Berlutut

Anda dapat menghindari rasa sakit punggung dengan duduk di pangkuan pasangan. Ini akan memberi Anda kendali atas posisi punggung Anda. Kemungkinan lainnya adalah berlutut sambil menopang beban pada siku. Pada posisi ini, ada ruang bagi Anda untuk mengatur punggung saat pasangan memasuki Anda dari belakang. Duduk di kursi juga bisa menguntungkan pasangan yang posisinya di atas. Ini menstabilkan punggung dan meminimalkan fleksi bahkan jika pasangan Anda bergerak penuh semangat.

Posisi Menghadap ke Bawah

Berbaring tengkurap secara otomatis akan membuat punggung Anda melengkung. Anda dapat mengontrol jumlah lengkungan dari posisi ini dengan beberapa cara. Untuk menambah lengkungan, mulailah dengan meletakkan bantal di bawah dada Anda. Jika itu tidak memberikan ekstensi tulang belakang yang cukup, topang diri Anda dengan siku. Untuk mengurangi lengkungan pada punggung, letakkan bantal di bawah perut.

Jika Anda adalah pasangan yang paling atas dan pasangan Anda telungkup di atas kasur, Anda dapat meminimalkan gerakan punggung dengan meletakkan bantal di bawah panggul pasangan Anda. Ini memperlihatkan vagina dengan lebih baik dan tidak memaksa Anda untuk melenturkan punggung sebanyak Anda mendorong ke depan.