3 Tips dari Desainer Buat Kamu yang Mau Dekorasi Sudut Kosong di Kamar Tidur
Ilustrasi (Dmitry Zvolskiy/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Apakah di kamar Anda ada sudut kosong yang penampilannya terus mengganggu? Meski sebenarnya kamar tidur tidak boleh dipenuhi dengan banyak furniture, tapi tidak sedikit orang merasa resah jika tidak memaksimalkan ruang kosong di kamar. Mungkin Anda sudah mempertimbangkan beberapa cara mengisi kekosongan tersebut, tapi belum menemukan yang sesuai. 

Dalam artikel ini, ada empat desainer profesional siap memberi saran terkait apa yang harus dilakukan dengan sudut kosong di kamar tidur Anda. Ada beberapa ide dekorasi kamar tidur sederhana yang bisa diambil tergantung kebutuhan dan cita rasa estetika Anda.

Tempatkan Kursi 

Design by Truss Interiors / Photo by Emily Redfield

Julee Wray, pendiri Truss Interiors, menyarankan untuk menempatkan kursi di sudut kamar kosong. Adanya kursi dapat menciptakan kesan bangunan lebih tinggi dan melahirkan rasa nyaman. Anda bisa meletakkan kursi yang menurut Anda nyaman serta lampu lantai.

Taylor Fusco, pendiri Tay Fusco Design, juga mengikuti pendekatan mengisi sudut kosong dengan kursi.

“Ini adalah cara sempurna menambah tekstur, dimensi, dan kenyamanan sekaligus mengisi ruang mati dengan sesuatu yang fungsional,” katanya dilansir dari The Spruce, Jumat, 1 September.

“Jika sudutnya terlalu kecil untuk kursi berukuran penuh, ottoman juga bisa digunakan,” tambah sang desainer.

Tambahkan Tanaman Hias

Design by The Layered House / Photo by Jess Isaac

Jika Wray tidak mengisi sudut dengan kursi beraksen, kemungkinan besar dia akan memasukkan tanaman hias berukuran tinggi dalam pot besar di sudut ruangan.

Jaimee Longo, pendiri The Layered House, juga suka menata ruangan dengan tanaman dan sering meletakkannya di sudut samping nakas. Meski ide meletakkan tanaman berukuran besar ke dalam kamar tidur mungkin tampak menakutkan bagi sebagian orang, perlu diingat bahwa tanaman asli dan palsu adalah pilihan tepat dalam hal ini.

Jika sudut kosong berdekatan dengan jendela dan menerima banyak sinar matahari, tanaman hidup mungkin bisa tumbuh subur. Namun jika bagian kamar terlalu gelap, akan lebih baik jika memilih tanaman artifisial.

Ada banyak cara membuat tanaman palsu terlihat lebih realistis, jadi jangan khawatir jika daun terlihat terlalu palsu. Biar makin sedap dipandang mata dan memberi lebih banyak detail pada ruangan, letakkan tanaman Anda di pot estetik.

Letakkan Karya Seni

Design by Bethany Adams / Photo by J.L. Jordan

Menurut Adams, benda-benda pahatan bisa terlihat indah di sudut kamar tidur. Meski demikian, Tak perlu menghabiskan banyak uang membeli karya mahal agar sudut kamar bersinar.

Adams menjelaskan bahwa tidak harus membeli maha karya dari marmer atau perunggu. Faktanya, pilih karya yang juga dapat berfungsi secara fungsional, jika Anda mau.

"Keranjang pahatan misalnya, dengan indah dapat memenuhi sudut tanpa membebani atau mengurangi kecerahan ruangan," kata Adams.

Karya seni lainnya juga bisa mencakup benda-benda besar, terbuat dari kertas-mâché, batu, atau kayu. Semuanya akan menambah tekstur dan dimensi instan pada sudut ruangan.