Ragam Pilihan Makanan dan Pantangan untuk Diet Golongan Darah AB
Makanan Sehat (The Lazy Artist/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Asupan makanan pada orang bergolongan darah AB harus diperhatikan jika sedang diet. Hal ini akan membantu keberhasilan program diet yang dijalani.

Dilansir dari Livestrong, Rabu, 3 Februari, dokter Naturopati dan pendiri Institute for Human Individuality, Peter J. D'Adamo mengungkap, golongan darah AB positif atau negatif, tidak terlalu bermasalah dalam memilah asupan makanan untuk program diet. Tipe AB muncul dari tipe A dan B, sehingga orang dengan golongan darah AB memiliki beberapa karakteristik dari keduanya.

Tahu, makanan laut, sayuran hijau, dan buah-buahan merupakan makanan pilihan untuk pediet golongan darah AB. Makanan tersebut dapat membantu efisiensi metabolisme. Produk susu dan rumput laut dapat meningkatkan produksi insulin. Sedangkan nanas membantu pencernaan dan merangsang motilitas usus.

Makanan laut yang paling bermanfaat untuk golongan darah AB adalah tuna, kerapu, mackerel, mahi-mahi, dan sarden. Sedangkan produk susu seperti yoghurt, kefir, krim asam tanpa lemak, telur, keju mozarella, keju kambing, keju ricotta, sangat baik untuk golongan darah AB. Minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai sumber lemak.

Kacang-kacangan baik dikonsumsi untuk stimulan sistem kekebalan tubuh dan melawan kanker. Namun, karena orang dengan golongan darah AB sering memiliki masalah pada kantung empedu, selai kacang dapat dijadikan pilihan daripada mengonsumsi kacang-kacangan utuh.

Selain makanan yang boleh dikonsumsi, diet golongan darah AB juga memiliki sejumlah makanan pantangan. Daging merah, kacang merah, dan jagung sebaiknya dihindari sebab dapat menambah berat badan. 

Selain itu, ayam juga sebaiknya tidak sering dikonsumsi sebab kandungan lektin didalamnya dapat mengiritasi darah dan saluran pencernaan. Semua daging berpengawet, makanan dan minum berkafein, serta alkohol pun harus dijauhi karena dapat menyebabkan kanker lambung terutama pada mereka dengan asam lambung rendah.

Untuk buah, pilih yang mengandung banyak air seperti plum, beri, nanas, dan anggur.  Jeruk dapat mengiritasi perut dan harus dihindari. Lektin pisang mengganggu pencernaan dan diganti dengan aprikot, buah ara, dan melon.

Jenis olahraga untuk diet golongan darah AB menurut American Nutrition Association adalah Tai chi dan Yoga. Keduanya sangat baik untuk relaksasi, menurunkan berat badan, dan melepas stres. Dr. D'Adamo merekomendasikan menyelingi olahraga Tai Chi dan Yoga dengan aerobik, misalnya, lari dan bersepeda.