BIGHIT Bantah Lagu <i>Seven</i> Milik Jungkook BTS Hasil Plagiat
Jungkook BTS (Twitter @bts_bighit)

Bagikan:

JAKARTA - BIGHIT MUSIC merilis klarifikasi bantahan terhadap dugaan plagiat dari lagu Seven, single debut milik Jungkook BTS. Kabarnya, lagu ini memplagiasi lagu Time of Mask milik grup Fin K.L yang dirilis pada tahun 2000.

Lagu Time of Mask dikerjakan Yang Joon Young yang kemudian meminta evaluasi kepada HYBE Labels selaku perusahaan yang menaungi BTS.

Tak butuh waktu lama, pihak BIGHIT MUSIC merilis pernyataan bahwa klaim plagiat terhadap lagu Jungkook adalah tidak benar.

“Kami ingin memberitahu bahwa dugaan plagiasi terhadap lagu Seven dari Jungkook adalah tidak benar,” kata BIGHIT MUSIC.

Seven dibuat atas kolaborasi dari lima produser internasional dan tidak punya kaitan dengan lagu yang menjadi bagian dari album domestik 24 tahun lalu,” katanya.

Lebih lanjut, mereka juga menjelaskan klaim ini hanya dibuat satu pihak dan tidak sesuai dengan kriteria plagiarisme.

“Tuduhan ini satu sisi dan lagunya tidak memenuhi kriteria sebagai ketentuan plagiarisme,” jelas agensi tersebut.

Di sisi lain, lagu ini berhasil membuat Jungkook sebagai solois Korea pertama yang debut pada peringkat pertama Billboard Hot 100, Global 2022, serta tangga musik Amerika Serikat. Lagu ini terus berada di peringkat selama lima pekan perilisan.

Sebelumnya rekor ini diperoleh oleh grup Jungkook, BTS dengan lagu Dynamite pada tahun 2020. Selain itu lagu Seven juga berada di peringkat 20 teratas dalam Billboard Pop Airplay yang menandakan jumlah putarnya terus meningkat di radio Amerika Serikat.

Jungkook sendiri sempat mengungkap rencananya untuk merilis album selain single di tahun ini pada paruh keempat tahun 2023.