5 Tips Lebih <i>Mindful</i> saat Bercinta Bersama Pasangan
Ilustrasi mindful saat bercinta bersama pasangan (Freepik/Racool_studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mempraktikkan mindfulness saat berhubungan seks, dapat memeroleh banyak manfaat. Selain meningkatkan kesenangan, koneksi, dan keintiman, mindful juga meningkatkan hubungan jiwa dan tubuh dalam diri. Ini juga untuk mengurangi berpikir berlebihan serta perhatian penuh pada tubuh. Ditambah lagi, mindfulness membantu meningkatkan kesempatan mengalami orgasme lebih baik. Untuk mempraktikkan mindfulness saat bercinta bersama pasangan, berikut ini tipsnya.

1. Fokus pada napas

Kita seringkali tak menyadari ritme napas. Menurut terapis Vienna Costanzo-D’Aprile, LMHC., penting untuk tetap berpegang pada hal mendasar, yaitu napas. Lebih baik lagi, perhatikan napas pasangan Anda dan lihat apakah Anda bisa mencocokkan napas dengannya. Ia mencatat bahwa praktik ini meningkatkan koneksi dan keintiman.

2. Libatkan panca indra

Saran Costanzo-D’Aprile dilansir PsychCentral, Rabu, 16 Agustus, fokuslah mengaktifkan panca indra. Terutama saat Anda menggunakan panca indra, fokuslah pada pengalaman tentang bagaimana rasanya, sensasinya, dan suaranya. Untuk mengaktifkan indra, bisa menambahkan lilin beraroma, mendengarkan suara Anda dan pasangan, kontak mata, sentuh tubuh dengan jari, dan bereksperimen dengan tekstur serta sensasi.

mindful saat bercinta bersama pasangan
Ilustrasi mindful saat bercinta bersama pasangan (Freepik/Drazen Zigic)

3. Beri kesempatan untuk menyesuaikan diri

Sebelum berhubungan seks setelah menyelesaikan tugas lainnya atau pekerjaan, Anda mungkin mencoba memberi diri waktu untuk beralih lalu memasuki momen intim. Artinya, atur dulu suasananya. Misalnya dengan menyalakan lampu redup dan memakai pakaian yang membuat Anda merasa seksi. Tambah Costanzo-D’Aprile, beri ruang di antara tugas-tugas sehingga otak Anda dapat terpisah dari persoalan apapun sebelumnya.

4. Membayangkan gelembung

Seorang pelatih spiritual yang dikutip Costanzo-D’Aprile menyarankan, cobalah bayangkan gelembung di sekitar Anda saat berhubungan seks. Ini membantu membuat pengalaman intim bersama pasangan lebih mindful.

mindful saat bercinta bersama pasangan
Ilustrasi mindful saat bercinta bersama pasangan (Freepik/pressfoto)

“Buat gambaran di benak Anda tentang bola, gelembung, atau aura di sekitar Anda dan pasangan untuk menciptakan ruang sakral di sekitar Anda berdua. Bayangkan seperti apa bentuknya dan warnanya," saran Costanzo-D’Aprile.

5. Biarkan pikiran datang dan pergi

Merasakan momen “saat ini” tidak hanya sulit tetapi juga rentan. Jika Anda mengalami kesulitan untuk mindful, pikiran Anda mungkin rentan mengalami rasa takut. Menurut Costanzo-D’Aprile, misalnya ketidakamanan citra tubuh, rasa malu, atau asumsi tentang seks bisa menimbulkan kecemasan.

Saat mengalami hal ini, mindful sulit dihadirkan. Tak apa jika merasakannya, karena gangguan ini mungkin muncul. Tapi penting dilakukan, cobalah tidak melabeli apapun pada pemikiran yang melintas.

Melalui tips di atas, bisa jadi referensi dalam mempraktikkan mindfulness dalam kehidupan seks yang bermanfaat meningkatkan kesenangan, keintiman, dan koneksi bersama pasangan.