8 Makanan yang Beracun untuk Burung Peliharaan di Rumah
Ilustrasi makanan yang beracun untuk burung peliharaan di rumah (Freepik/wirestock)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Burung dianggap hewan peliharaan yang bisa bersosial dengan pemiliknya. Oleh karena itu banyak pemilik hewan ini memberikan makanan favorit. Tetapi penting dipahami, bahwa tidak semua makanan manusia bisa aman dimakan burung. Beberapa daftar makanan berikut ini, bisa beracun apabila diberikan pada burung.

1. Cokelat

Cokelat bisa mengganggu sistem pencernaan burung. Ini menyebabkan muntah dan diare, bahkan juga bisa memengaruhi saraf pusat yang menyebabkan kejang lalu mati.

2. Biji apel

Apel beserta buah lainnya seperti ceri, persik, aprikot, dan pir mengandung sejumlah kecil sianida dalam bijinya. Melansir The Spruce Pets, Rabu, 16 Agustus, meskipun buah apel baik untuk burung, tetapi pastikan bersihkan bijinya sebelum memberikan pada burung. Selain itu, kupas kulitnya atau cuci bersih supaya sisa pestisida pada kulit buah tidak termakan burung.

makanan yang beracun untuk burung peliharaan
Ilustrasi biji apel termasuk makanan yang beracun untuk burung peliharaan (Freepik/Racool_studio)

3. Garam

Meski garam hanya termasuk sebagai bumbu, tetapi penting untuk menyeleksi makanan olahan untuk diberikan pada burung. Terlalu banyak garam dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan pada burung termasuk rasa haus berlebihan, dehidrasi, disfungsi ginjal, dan kematian.

4. Alpukat

Kulit dan biji alpukat diketahui menyebabkan gangguan jantung dan gagal jantung pada spesies burung peliharaan. Meskipun ada perdebatan tentang tingkat racun dalam buah yang gurih dan mengenyangkan ini, lebih baik menghindari memberikannya pada burung.

5. Jamur

Jamur ialah sejenis cendawan yang diketahui dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada burung. Tutup dan batang pada beberapa varietas jamur, dapat menyebabkan gagal hati. Artinya jangan biarkan burung peliharaan di rumah mengonsumsi jamur mentah ataupun matang.

makanan yang beracun untuk burung peliharaan
Ilustrasi makanan yang beracun untuk burung peliharaan (Freepik/stockking)

6. Daun tomat

Apakah di kebun Anda menanam tomat? Jangan sampai memberikan daunnya pada burung karena batang tanaman merambat, termasuk kentang, daunnya sangat beracun bagi hewan peliharaan Anda. Nah, kalau memberikan buah tomat pada burung, pastikan batang bagian hijaunya sudah bersih. Tetapi penting diketahui, tomat bukan sayuran pilihan terbaik untuk burung karena kandungan asamnya tinggi.

7. Bawang

Bawang merah dan bawang putih umumnya dipakai sebagai penyedap hidangan. Tetapi kalau untuk burung, harus dihindari karena menimbulkan masalah pencernaan. Menurut penelitian, kontak dengan bawang juga bisa menyebabkan burung mengalami anemia hemolitik.

8. Kacang kering

Biji-bijian kering mungkin adalah makanan ideal bagi burung. Namun kalau kacang kering, bisa berbahaya bagi kesehatan hewan peliharaan. Kacang mentah yang dikeringkan bisa mengandung racun yang disebut hemagglutinin. Kandungan ini sangat beracun bagi burung.

Itulah kedelapan makanan yang beracun untuk burung peliharaan di rumah. Sebisa mungkin, Anda mendapatkan informasi tentang makanan bernutrisi untuk pedendang merdu di rumah Anda ini. Umumnya, pemilik toko pakan hewan peliharaan, mereka akan merekomendasikan makanan terbaik untuk burung di rumah.