4 Perbedaan Kontes Kecantikan Miss Universe Indonesia dan Puteri Indonesia
Ilustrasi perbedaan kontes kecantikan miss universe Indonesia dan puteri Indonesia (Instagram/@missuniverse_id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kontes kecantikan marak dibicarakan belakangan ini. Pasalnya, ramai diberitakan adanya dugaan kasus pelecehan seksual kepada kontestan salah satu kontes kecantikan yang mana pemenang ajang ini akan mewakili Indonesia ke hajatan internasional, Miss Universe. Disebut Miss Universe Indonesia (MIUD), ajang nasional telah digelar pada Kamis, 3 Agustus pekan lalu. Lantas, apa bedanya Miss Universe Indonesia dan Puteri Indonesia? Ini perbedaan yang wajib Anda ketahui tentang kedua kontes kecantikan tersebut.

1. Waktu pertama kali diselenggarakan kontes

Miss Universe Indonesia baru diselenggarakan tahun ini. Penyelenggara baru didirikan pada Februari 2023 yang berada di bawah organisasi induk PT Capella Swastika Karya milik Poppy Capella. Berbeda dengan Puteri Indonesia di bawah Yayasan Puteri Indonesia (YPI), didirikan pada tahun 1992 yang digagas oleh Mooryati Soedibyo.

2. Kategori pemenang dari para finalis

Para finalis kontes kecantikan Miss Universe Indonesia akan dipilih pemenangnya. Kemudian sang pemenang mewakili perhelatan kontes kecantikan internasional Miss Universe. Lisensi mengirim pemenang mewakili Miss Universe internasional, dulunya dipegang oleh Yayasan Puteri Indonesia.

perbedaan kontes kecantikan miss universe indonesia dan puteri indonesia
Ilustrasi perbedaan kontes kecantikan miss universe Indonesia dan puteri Indonesia (Instagram/@officialputeriindonesia)

Yayasan Puteri Indonesia, sejak tahun 2006 menambah kategori pemenang. Awalnya dari sejak didirikan banya memilih satu pemenang Puteri Indonesia. Di tahun ke-11, menambahkan gelar pemenang, yaitu Puteri Indonesia Lingkungan, Puteri Indonesia Pariwisata. Sempat empat kali memasukkan gelar Puteri Perdamaian pada 2012-2018. Tahun ini, pemenang kategori Puteri Indonesia ialah Farhana Nariswari Wisandana dari Jawa Barat I, Puteri Lingkungan Indonesia ialah Yasinta Aurellia dari Jawa Timur, dan Puteri Indonesia Pariwisata ialah Lulu Zaharani Krisna Widodo dari Lampung.

Miss Universe Indonesia, memilih tiga daftar pemenang dengan gelar Pemenang, Runner-up, dan Semifinalis. Pada tahun pertamanya, tahun 2023, memilih Fabienne Nicole Groeneveld dari DKI Jakarta sebagai Pemenang Miss Universe Indonesia yang nantinya akan berkompetisi kontes kecantikan Miss Universe internasional.

3. Perbedaan tujuan dan fokus

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa pemenang ajang Miss Universe Indonesia akan mengikuti sejumlah tes untuk ke kontes Miss Universe internasional. Fokus utama Miss Universe Indonesia, yaitu penyeragaman dan program terpusat agar terintegrasi secara global. Dengan fokus yang menjadi visi, harapannya ada keseragaman distribusi dan bisa dilaksanakan secara efektif.

Pemenang kategori Puteri Indonesia, akan mewakili Indonesia di ajang Miss Internasional. Sedangkan Puteri Indonesia Pariwisata mewakili Miss Charm, dan Puteri Indonesia Lingkungan mewakili Miss Supranational.

4. Memegang lisensi

Kedua kontes kecantikan, Miss Universe Indonesia dan Puteri Indonesia, memegang lisensi masing-masing sesuai tujuan dan fokusnya. Di samping kontes kecantikan, Puteri Indonesia juga mengemban tugas-tugas sosial dan lingkungan. Termasuk bakti sosial, dukungan terhadap lingkungan, dan campaign berkaitan dengan kesehatan serta produk kecantikan. Miss Universe Indonesia, memiliki misi menyediakan alat untuk wanita menjadi pribadi terbaik mereka dan menginspirasi serta berperan aktif.

Itulah keempat perbedaan Miss Universe Indonesia dan Puteri Indonesia yang perlu Anda ketahui.