7 Solusi Bulu Mata Tipis, Aplikasikan Biar Kembali Lebat dan Lentik
Ilustrasi bulu mata tipis (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bulu mata termasuk salah satu kunci untuk tampil cantik dan menawan. Karenanya, tak sedikit wanita yang risau jika bulu matanya menipis. Jika hal tersebut terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, terdapat solusi bulu mata tipis yang bisa Anda praktikkan untuk mendapatkan bulu mata yang tebal dan panjang.

Lantas, hal apa saja yang perlu dilakukan agar bulu mata yang tipis kembali tebal? Temukan jawabannya pada artikel berikut ini.

Solusi Bulu Mata Tipis

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa solusi atau upaya yang harus dilakukan untuk membuat bulu mata menjadi lebat dan lentik:

  1. Gunakan serum bulu mata

Bulu mata yang tipis dapat ditebalkan dengan serum. Terkait hal ini, Anda dapat menggunakan serum bulu mata yang sudah memiliki label BPOM supaya lebih aman.

Serum dapat diaplikasikan langsung pada akar bulu mata, lalu disapu hingga ujung-ujungnya. Hati-hati, jangan sampai masuk mata karena akan terasa perih.

  1. Hindari melentikkan bulu mata setelah menggunakan maskara

Melentikkan bulu mata dengan penjepit memang membuat bulu mata Anda terlihat lebih panjang, tetapi ini hanya sesaat.

Apabila Anda memakai penjepit bulu mata setelah mengaplikasikan maskara, bulu mata yang kaku dan rapuh, kemungkinan besar akan rusak dan parah.

  1. Hindari penggunaan bulu mata palsu

Perekat pada bulu mata palsu bisa mengakibatkan peradangan pada area mata. Selain itu, melepas bulu mata palsu juga dapat menyebabkan bulu mata alami rontok.

Tak cukup sampai disitu, warna bulu mata sintesis juga bisa memicu reaksi alergi pada kelopak mata yang menyebabkan bulu mata rontok.

  1. Menyisir bulu mata

Rutin menyisir bulu mata ternyata dapat membuat bulu mata menjadi lebat dan lentik. Hal ini karena aktivitas menyisir bulu mata dapat mempercepat penyebaran berbagai nutrisi dan minyak yang dapat menunjang pertumbuhan bulu mata, ke berbagai batang hingga ujung bulu mata.

Untuk menyisir bulu mata, Anda dapat memakai sisir maskara yang sudah dibersihkan. Sisirlah bulu mata secara rutin, setidaknya dua kali sehari.

  1. Konsumsi makanan tinggi protein

Mengonsumsi makanan tinggi protein dalam jumlah cukup setiap hari bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan rambut dan bulu mata.  

Beberapa makanan tinggi protein yang disarankan untuk mendapatkan bulu mata yang lebat seperti ikan, telur, kacang-kacangan, dan yoghurt.

Di antara semua makanan berprotein, kedelai adalah yang terbaik. Di dalam kacang kedelai terkandung berbagai macam vitamin yang berguna untuk menunjang lebatnya pertumbuhan bulu mata.

  1. Kompres bulu mata dengan teh hijau

Selain dikonsumsi sebagai minuman, teh hijau dapat dimanfaatkan sebagai kompres bulu mata. Hal ini karena teh hijau mengandung flavonoid, isoflavon, dan antioksidan lain yang baik untuk kesehatan rambut.

Cara kompres bulu mata dengan teh hijau juga cukup mudah untuk dilakukan. Anda cukup mengompres bagian bulu mata yang tipis dengan cotton bud yang sebelumnyaa sudah dicelukan ke dalam teh hijau. Setelah dikompres, tunggu beberapa menit, lalu bilas dengan air mengalir.

  1. Oleskan minyak kemiri

Solusi bulu mata tipis yang terakhir adalah mengoleskan minyak kemiri. Sejak dahulu, kemiri telah dimanfaatkan untuk melebatkan rambut. Karena itu, penggunaan kemiri ini bisa menjadi cara mudah membuat bulu mata tampak tebal dan panjang.

Kemiri dapat digerus, kemudian dioleskan pada akar hingga batang bulu mata. Diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih setelahnya.

Demikian informasi tentang solusi bulu mata tipis. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.