Benarkah Konsumsi Nanas Pengaruhi Aroma <i>Miss V</i>? Begini Penjelasan Pakar
Ilustrasi manfaat nanas mempengaruhi aroma miss v (Freepik/nakaridore)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Makanan yang dikonsumsi memang memengaruhi kondisi tubuh. Tetapi untuk yang satu ini, perlu diperhatikan secara jeli, bahwa apakah benar dengan konsumsi nanas maka aroma Miss V akan berubah?

Secara alami, setiap vagina memiliki aroma unik dan banyak faktor yang memengaruhinya. Jelas ginekolog bersertifikat, Monica Grover, DO., apa yang ‘normal’ bagi satu orang belum tentu normal bagi orang lain.

“Orang-orang terpesona dengan topik makan nanas untuk mengubah rasa vagina mereka karena kita cenderung terlalu sadar diri tentang bagaimana kita mencium dan merasakan saat berhubungan seks,” terang seksolog Rebecca Alvarez Story dilansir Well+Good, Jumat, 4 Agustus.

Unsur tertentu dari gaya hidup, termasuk apa yang Anda makan dapat memengaruhi rasa dan bau pada vagina dengan mengubah pH. Pada gilirannya, pH mendukung pertumbuhan bakteri yang sehat. Kalau pH abnormal, bisa tumbuh bakteri berlebihan.

manfaat nanas mempengaruhi aroma miss v
Ilustrasi manfaat nanas mempengaruhi aroma miss v (Freepik/jcomp)

Faktor lain yang memengaruhi aroma Miss V, antara lain cairan seksual, paparan deterjen dan pelumas, infeksi menular seksual, dan status hidrasi, jelas ahli kesehatan seksual Christie Cobb, MD.. Memakai sabun kewanitaan pun juga memengaruhi produksi keringat dan keluarnya cairan. Mengingat semua ini, masuk akal jika mengonsumsi nanas, yang cukup asam, dapat memengaruhi pH vagina dan karenanya memengaruhi rasa dan baunya.

“Namun menambahkan lebih banyak nanas ke dalam makanan Anda bukanlah obat mujarab untuk vagina yang berbau atau mendapatkan rasa lebih manis. Ini karena setiap orang memiliki fisiologi masing-masing, bahkan dua orang yang memiliki pH sama persis tidak memiliki aroma [vagina] yang sama,” jelas dokter Grover.

Itulah sebabnya variasi makanan kaya buah-buahan, sayuran, dan makanan fermentasi umumnya terkait dengan Miss V yang sehat. Kalau Anda menjalani diet ketat sampai-sampai kekurangan nutrisi, maka bakteri tak lagi seimbang dan mungkin juga mengubah aroma tubuh.

Para pakar tidak menjamin nanas bisa mengubah aroma vagina menjadi lebih manis. Tidak ada penelitian khusus antara makan nanas dan memiliki vagina yang rasanya “enak”. Tetapi penelitian mendukung bahwa jus nanas yang difermentasi dapat membantu mendukung pertumbuhan bakteri sehat di vagina, misalnya minum yoghurt atau kombucha, menurut obstetri-gynecolog Amy Roskin, MD., JD..

Dengan makan makanan sehat dan mendukung pertumbuhan bakteri sehat, bisa mencegah vagina mengeluarkan bau lebih kuat dari biasanya. Seksolog Jess O’Reilly, Ph.D. menambahkan, orang yang banyak makan buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah manis dapat meningkatkan rasa manis dari cairan vagina dan ejakulasi. Namun kalau secara spesifik, nanas, efeknya mungkin bersifat anekdot.

Pakar juga berpendapat bahwa rokok, kafein, dan makanan olahan dapat menghasilkan rasa vagina lebih pahit. Kalau pada pria, karena cairannya lebih basa, dengan mengkonsumsi makanan sumber fruktosa dan glukosa seperti pada nanas, membuatnya terasa sedikit lebih asam.

Nanas selain dianggap dapat mengubah aroma Miss V, juga terbukti manfaatnya untuk kesehatan secara keseluruhan. Seperti melawan peradangan, meningkatkan penyembuhan jaringan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Belum lagi, nanas juga terdiri dari antara 85 dan 89 persen air, sehingga tetap terhidrasi juga penting untuk meningkatkan pelumasan alami vagina. Semakin dilumasi vagina, semakin encer sekresinya, dan berpotensi mengurangi rasa baunya.