Jenuh saat Kencan dengan Pasangan? Kenali 5 Tanda <i>Burnout Dating</i> Ini
Ilustrasi burnout dating dan tanda jika mengalaminya (Freepik/drobotdean)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Burnout dikenal sebagai kondisi lelah yang biasanya terjadi karena tuntutan lebih dari sumber daya atau kapasitas seseorang. Rasa jenuh dan kelelahan karena burnout bisa terjadi di tempat kerja, di rumah, bahkan dalam hubungan. Dalam hubungan yang modern burnout dating merujuk pada perasaan apatis karena tidak bisa memperbaiki apapun. Istilah ini juga mengacu pada hasil penelitian, yang mana menunjukkan 78,37 persen orang dewasa usia antara 18-54 tahun pernah mengalami burnout dating pada kencan online. Kelelahan kencan tersebut, ditandai dengan kondisi berikut ini.

1. Kencan terasa seperti kewajiban atau tugas

Saat kencan terasa seperti kewajiban, biasanya membuat prosesnya enggak bisa dinikmati. Mungkin Anda merasa harus bekerja keras untuk meyakinkan diri sendiri untuk berkencan. Itu juga mungkin membuat Anda merasa jenuh dan perlu mundur selangkah untuk menyegarkan diri sementara waktu.

2. Merasa pikiran terkuras

Alih-alih merasa senang bertemu dengan pasangan idaman, tetapi malah merasa kewalahan dan kelelahan. Kejenuhan kencan dapat mencegah Anda membentuk hubungan lebih dalam dengan seseorang karena tidak memiliki kapasitas untuk itu.

burnout dating dan tanda jika mengalaminya
Ilustrasi burnout dating dan tanda jika mengalaminya (Freepik/cookie_studio)

3. Berharap pasangan membatalkan

Kalau Anda diam-diam berharap pasangan membatalkan kencan, bisa sebagai tanda Anda tidak memiliki kemampuan emosional untuk berkencan saat ini. Mungkin, Anda perlu waktu untuk diri sendiri sebelum bergembira kencan bersama pasangan.

4. Kehilangan harapan untuk terhubung dengan seseorang yang benar-benar disukai

Ketika kehilangan harapan untuk terhubung dengan seseorang yang benar-benar Anda suka, motivasi berkencan pun akan meredup. Ini bisa menyebabkan hati tak lagi gembira.

5. Rentan merasa jengkel dan putus asa

Saat Anda mengalami burnout dating¸ hal yang mungkin membuat Anda tidak nyaman di masa lalu akan membuat frustasi. Ketika lelah, biasanya juga cenderung menemukan penolakan terhadap hal sulit. Misalnya, beranggapan tidak akan pernah menemukan kecocokan dengan seorang pun.

Menurut psikolog klinis Roxy Zarrabi, Psy.D. dilansir Psychology Today, Kamis, 27 Juli, berkencan membutuhkan tingkat keterbukaan dan kerentanan tertentu untuk menjalin hubungan dengan seseorang. Maka kalau mengalami tanda burning dating di atas, diperlukan jeda sejenak dan mengidentifikasi aspek yang membuat Anda jenuh. Saran Zarrabi, habiskan waktu untuk aktivitas yang bisa mengisi energi kembali.