Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh dan Mental
Ilustrasi jalan kaki (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dibutuhkan kurang lebih 30 menit berjalan kaki untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan. Durasi tersebut tentu sebanding dengan manfaat yang akan dirasakan. Lalu, apa saja manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari?

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Seperti diketahui, kebiasaan masyarakat untuk jalan kaki mengalami penggerusan. Hal itu terjadi karena tersedianya kendaraan bermotor dan ketersediaan akses teknologi informasi yang cepat. Padahal, kebiasaan jalan kaki sangat baik bagi tubuh dan kesehatan. Manfaat jalan kaki rutin yang akan didapatkan adalah sebagai berikut.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan atau diet, jalan kaki rutin bisa membantu Anda melancarkan program tersebut. Jalan kaki membantu membakar lemak perut dan meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan jalan kaki 30 menit per hari, jumlah kalori yang akan dibakar mencapai 200 kalori per minggu.

  1. Cegah Sakit Jantung

Dikutip dari situs resmi Kemenkes, jalan kaki singkat rutin setiap hari membantu mencegah penyakit jantung. Asosiasi Jantung Amerika mengatakan, jalan kaki mampu cegah stroke dan jantung karena saat berjalan, tekanan darah dan kolesterol turun, sehingga sirkulasi darah lancar.

  1. Sehatkan Pankreas

Dikutip dari situs Kemenkes, sebuah studi menemukan bahwa jalan kaki berefek baik bagi pankreas. Bahkan efeknya lebih baik dibanding olahraga lari. Studi menemukan fakta bahwa pejalan kaki rutin punya daya tahan lebih baik pada glukosa hingga enam kali lipat dibanding pelari.

  1. Volume Paru-paru Bertambah

Jalan kaki termasuk olahraga aerobik. Saat Anda melakukannya secara rutin, maka jumlah oksigen dalam darah naik serta melatih paru-paru. Saat dua kondisi tersebut terjadi, maka penyakit paru-paru bisa diminimalisir.

  1. Cegah Osteoporosis

Jalan kaki rutin saat pagi hari di luar ruangan secara tidak langsung membantu mencegah osteoporosis. Cahaya matahri pagi akan membantu mencukupi kebutuhan vitamin D. Selain itu latihan jalan kaki rutin mencegah osteoporosis yang biasa terjadi pada manula.

  1. Menyehatkan Pengelihatan

Jalan kaki ternyata berimbas baik pula pada mata. Saat aktivitas tersebut dilakukan, tubuh akan lebih baik dalam memerangi glaukoma, penyakit yang diakibatkan pengumpulan cairan di depan mata. Selain itu jalan kaki di luar ruangan membantu otot mata karena secara tidak sadar Anda akan melihat objek jauh.

  1. Media Refreshing

Jangan remehkan efek refreshing yang didapatkan saat Anda jalan kaki rutin di luar ruangan. Aktivitas luar ruangan berupa jalan kaki akan membantu menyehatkan mental. Jalan kaki juga akan memperbaiki mood yang naik turun. Selain itu jalan kaki yang dilakukan bersama pasangan akan meningkatkan romantisme dalam hubungan percintaaan. Jalan kaki juga menjaga kadar endorfin di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kondisi Otak

Seiring bertambahnya usia, otak akan mengalami penurunan fungsi. Untuk mencegah hal tersebut Anda bisa jalan kaki rutin luar ruangan. Efeknya cukup baik yakni mencegah kepikunan atau mengurangi risiko Alzheimer.

Itulah informasi tentang manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.