Ibu Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi Sempat Terpikir untuk Meninggal Dunia di Mekkah
Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi bersama ibunya (Instagram @okisetianadewi)

Bagikan:

JAKARTA - Ibunda Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi, Yunifah Lismawati masih dirawat di ruang ICU (Intensive Care Unit) karena sakit yang diderita. Kondisinya diketahui memburuk saat menjalani ibadah haji beberapa waktu lalu.

Oki Setiana Dewi mengungkap percakapan antara dirinya dengan sang ibu yang cukup mengejutkan. Yunifah sempat berpikir untuk meninggal dunia di tanah suci.

“Sebelum ke Mekkah, ibu pernah bilang, 'Enak ya kalau meninggal di Mekkah'. Itu kan bikin saya kepikiran saat ibu berada di ICU,” ungkap Oki Setiana Dewi di Tendean, Jakarta Selatan pada Selasa, 25 Juli.

Namun, pembicaraan tentang kematian diakui Oki Setiana Dewi sebagai hal yang lumrah di keluarganya. Ia mengaku selalu terpikir perkataan sang ibu ketika melihat kondisinya saat ini yang masih terbaring di rumah sakit.

“Pembahasan kematian itu pembahasan sehari-hari dalam keluarga kami sebenarnya. Kematian yang indah itu keadaan yang Khusnul khatimah, dalam keadaan yang baik,” kata Oki Setiana Dewi.

Kakak dari Ria Ricis itu bahkan mengungkap hal lain yang juga mengejutkan. Detak jantung ibunya sempat berhenti selama lima menit. Namun ia bersyukur, ibunya saat ini sudah lebih baik.

“Perkataan-perkataan itu kan jadi masuk ke saya ketika saya lihat kondisi ibu saya henti (detak jantung) lima menit. Apalagi ibu dalam keadaan yang baik, sudah selesai haji, di Mekkah, tapi Masya Allah, maha baik Allah, Allah masih berikan kesempatan saya dan adik-adik untuk berbakti pada ibu saya,” katanya.

Oki mengatakan ibunya saat ini sedang berfokus memulihkan kondisi jantungnya. Bersyukurnya, otak Yunifah tidak ada masalah hingga saat ini.

“Sekarang ibu lagi berfokus pengobatan di jantung, karena fungsinya nggak semaksimal dulu, intens banget sekarang sama dokter jantung. Alhamdulillah otaknya nggak kenapa-kenapa, kata dokter 'Kamu harus bersyukur otaknya masih baik, sehingga masih berbicara',” tutut Oki.

Lebih lanjut, Oki merasa mendapat pelajaran hidup yang sangat berarti dari kondisi sakit ibunya saat ini. Ia menghimbau agar orang-orang bisa mendengarkan dan menuruti apa yang menjadi permintaan orang tua.

“Ini pelajaran hidup yang mahal buat saya. Saya ingin membagikan ke teman-teman bahwa ketika orang tua minta sesuatu atau berkata sesuatu, jangan dianggap sepele, jangan ditunda-tunda, karena bisa berakibat fatal,” ucap Oki Setiana Dewi.

“Jadi, pesan saya jangan mengabaikan atau menunda-nunda permintaan orang tua, karena orang tua punya batas usia. Apa yang saya ceritakan ini, teman-teman jangan terlalu sibuk sampai mengabaikan orang tua,” tandasnya.