Rutinitas Skincare Minimalis atau <i>Skin Streaming</i>, Apa Manfaatnya?
Ilustrasi skin streaming dan manfaat rutinitas skincare minimalis (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyaknya langkah rutinitas perawatan kulit, pada prinsipnya tak menjamin hasil sempurna. Tetapi tak sedikit orang melakukan rutinitas skincare dengan banyak langkah meskipun tak tahu betul mana yang paling cocok dan berhasil optimal. Merespons hal tersebut, beberapa waktu terakhir tren skin streaming, yang mana meringkas rutinitas perawatan kulit sehingga lebih minimalis.

Menurut Corey L. Hartman, MD., dokter kulit bersertifikat dan pendiri Skin Wellness Dermatology, skin streaming adalah tren populer yang bertujuan mengurangi jumlah produk perawatan kulit yang digunakan dalam rutinitas harian. Produk yang digunakan dalam tren ini hanya produk yang penting, misalnya hanya dengan memakai produk dengan bahan aktif tertentu untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Sementara beberapa orang yang menjalankan tren ini, juga membatasi jumlah produk sesuai kebutuhan kulit spesifik mereka. Bagaimana pun langkah yang diambil, tujuannya adalah menghilangkan produk atau langkah yang tidak perlu dalam rutinitas merawat kulit.

Manfaat besar dari skin streaming ialah menyadari bahan-bahan yang diaplikasikan pada kulit. Jadi dengan mengenal betul bahan yang diformulasikan dalam produk yagn dipakai, maka akan lebih mudah mengidentifikasi mana yang bekerja baik dan mana yang merusak. Manfaat lain dari skinstreaming adalah kulit Anda akan menjadi lebih baik dalam menyerap bahan aktif.

skin streaming dan manfaat rutinitas skincare minimalis
Ilustrasi skin streaming dan manfaat rutinitas skincare minimalis (Freepik)

"Dengan memilih skinstream, Anda mungkin menemukan bahwa kulit Anda dapat menyerap bahan aktif dengan lebih baik, yang pada gilirannya dapat berarti Anda akan melihat manfaat dari rutinitas Anda secara lebih konsisten," kata Hartman dilansir Byrdie, Senin, 24 Juli.

Kedua, manfaat skin streaming, Anda bisa lebih menghemat uang. Alih-alih berkewajiban membeli produk yang sedang viral, Anda akan lebih tenang karena mengetahui bahwa bahan dalam produk baru tersebut tak diperlukan sehingga hemat.

Namun di samping memiliki manfaat, skin streaming juga berdampak negatif bagi Anda yang memiliki kondisi tertentu pada kulit. Maka berkonsultasi pada dokter kulit, penting dilakukan sebelum mengambil risiko menjalani tren minimalis dalam rutinitas skincare harian.

Hartman tetap merekomendasikan tiga langkah wajib dalam memakai skincare. Ini termasuk memakai tabir surya, memberi asupan antioksidan, dan retinol. Selain juga harus memasukkan pembersih yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Dalam memilih pembersih, Hartman menyarankan untuk pembersih tanpa pewangi dan bekerja lembut untuk kulit. Pembersih, kata Hartman, sebaiknya digunakan pada pagi dan malam hari, terutama saat menghapus riasan.

Bahan produk skincare yang mengandung antioksidan, diantaranya dengan vitamin C dan dikemas dalam pelembap. Ini akan memblokir radikal bebas, memudarkan bintik karena terpapar matahari, dan mencegah perubahan warna.

Skin streaming patut dicoba apabila Anda ingin rutinitas perawatan kulit bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras. Yaitu dengan menghilangkan produk yang mungkin tidak benar-benar bermanfaat bagi kulit.