Seberapa Sering Vitamin C Boleh Diaplikasikan ke Wajah? Begini Saran Ahli Kecantikan
Ilustrasi (Antoni Shkraba/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Meskipun sebagian orang ada yang mengaplikasikan vitamin C setiap hari di wajah, namun beberapa ahli kulit menyarankan untuk tidak melakukannya sebab dapat menyebabkan lebih banyak jerawat.

Frekuensi mengoleskan vitamin C  ke wajah Anda bisa berbeda tiap orang,  tergantung dari beberapa faktor, termasuk jenis kulit dan produk spesifik yang Anda gunakan. Dilansir dari Times of India, Selasa, 18 Juli, para ahli kecantikan di India memberi anjuran mengoleskan vitamin C secara topikal dua hari sekali atau tiga kali dalam seminggu. 

Untuk lebih jelasnya, berikut simak panduan penggunaan vitamin C agar hasil pada wajah lebih maksimal.

Penggunaan pagi hari

Banyak orang lebih suka menggunakan vitamin C di pagi hari karena dapat memberikan perlindungan antioksidan terhadap stresor lingkungan sepanjang hari. Ini juga dapat membantu mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit.

Penggunaan malam hari

Beberapa orang memilih untuk menggunakan vitamin C di malam hari, karena dapat bekerja bersama produk perawatan kulit malam hari lainnya. Ini juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan membantu proses perbaikan kulit alami.

Pengenalan bertahap

Jika Anda baru menggunakan vitamin C atau memiliki kulit sensitif, disarankan untuk memulai dengan dosis yang lebih rendah dan secara bertahap meningkatkan frekuensi pengaplikasian. Hal ini memungkinkan kulit Anda untuk menyesuaikan diri dengan bahan vitamin C dan meminimalkan risiko iritasi.

Ikuti petunjuk produk

Selalu baca dan ikuti petunjuk yang tersedia pada kemasan produk vitamin C yang Anda menggunakan. Produk yang berbeda mungkin memiliki konsentrasi dan rekomendasi penggunaan yang berbeda juga untuk frekuensi pemakaian.

Pertimbangkan kesensitifan kulit

Jika Anda melihat tanda-tanda iritasi atau ketidaknyamanan pada kulit seperti kemerahan, gatal, atau kering berlebihan, penting untuk mengurangi frekuensi aplikasi atau menghentikan penggunaan vitamin C. Kulit setiap orang unik, jadi sesuaikan rutinitas pemakaian produk berdasarkan respons kulit Anda.