Berapa Lama Daging Ayam Mentah Bertahan Disimpan di Kulkas? Cek Penjelasannya
Ilustrasi berapa lama daging ayam mentah bertahan disimpan di kulkas (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Soal makanan, masakan berbahan ayam bisa sangat bervariasi. Itulah kenapa daging ayam kerap jadi stock di kulkas. Penting diketahui, waktu simpan daging ayam di kulkas terbatas. Meskipun banyak orang beranggapan bisa disimpan sebulan hingga setahun, tetapi kenali faktanya.

Daging ayam merupakan sumber protein sehat. Tetapi mudah sekali terkontaminasi bakteri apabila tak disimpan secara tepat. Itu berarti bahwa penting sekali tepat dalam menyiapkan, menyimpan, hingga memasaknya. Jika tidak, daging ayam bisa jadi sumber penyakit dari makanan yagn dimakan.

Melansir ulasan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) yang dikutip Healthline, Senin, 10 Juli, ayam mentah dapat disimpan di lemari es sekitar 1-2 hari. Hal yang sama berlaku untuk kalkun mentah atau daging unggas lainnya. Kalau daging ayam yang sudah matang, bisa bertahan sekitar 3-4 hari.

berapa lama daging ayam mentah bertahan disimpan di kulkas
Ilustrasi berapa lama daging ayam mentah bertahan disimpan di kulkas (Freepik)

Menyimpan stock makanan di dalam kulkas, bisa membantu memperlambat pertumbuhan bakteri. Ini karena bakteri cenderung lambat tumbuh pada suhu di bawah 4 derajat Celsius. Selain itu, sebaiknya menyimpan ayam mentah dalam wadah anti bocor sehingga tidak mencemari makanan lainnya. Kalau ayam yang sudah dimasak, harus didinginkan terlebih dahulu sebelum disimpan dalam lemari pendingin.

Nah, apabila Anda akan menyimpan ayam lebih dari beberapa hari, simpan dalam freezer. Potongan ayam mentah dapat disimpan selama 9 bulan dalam keadaan beku. Kalau ayam utuh yang masih mentah, bisa disimpan sampai 1 tahun. Tetapi kalau ayam yagn sudah dimasak, hanya bisa tahan simpan selama 2-6 bulan, tergantung cara memasaknya.

Kalau terjadi perubahan warna, baik ayam mentah atau ayam matang, sebaiknya tidak mengonsumsinya lagi. Ini karena kemungkinan sudah busuk atau tak layak konsumsi. Seperti jika warna daging menjadi abu-abu kehijauan karena bintik jamur dan bakteri. Meskipun daging ayam disimpan dalam kulkas, tetapi kalau sudah berbau tidak sedap yang menyerupai amonia, ini tanda tak boleh dikonsumsi lagi.