<i>June dan Kopi</i>, Film Indonesia Pertama dengan Anjing Sebagai Pemain Utama
June dan Kopi (Foto: Ig @netflixid

Bagikan:

JAKARTA - Film Indonesia kedatangan film baru berjudul June dan Kopi. Film ini bakal dirilis di Netflix pada 28 Januari. Yang menarik, pemain utama film ini adalah dua ekor anjing yang dinamai Juna dan Kopi. Keduanya beradu akting dengan Acha Septriasa, Ryan Delon, dan Makayla Rose Hilli. 

Film bertema keluarga ini mengisahkan June dan Kopi menjadi bagian dari pasangan suami istri, Aya (Acha Septriasa) dan (Ryan Delon). Ketika Aya menyambut kelahiran putrinya, Karin (Makayla Rose Hilli), June langsung menjadi pendamping yang setia bagi Karin.

Mereka menjalin hubungan persahabatan sejak Karin bayi hingga tumbuh dewasa. Sayangnya, suatu hari Karin dan June terjebak dalam situasi yang mengkhawatirkan. Aya pun berharap June mampu menjaga putrinya. 

Syuting film ini sudah dilakukan sekitar bulan Juli atau Agustus 2019, sebelum pandemi COVID-19 mewabah. "Ini film pertama tentang anjing yang ada di Indonesia," ujar Ryan dalam video BTS yang diunggah Acha di Instagram @septriasaacha. 

Acha mengaku tertarik dengan film ini karena memberikan pengalaman baru yaitu akting bersama anjing. "Selalu tertarik dengan project-project baru dengan kualitas cerita yang berbeda. Film ini menawarkan pilihan yang lebih berwarna lagi di industri film Indonesia dan saya sendiri belajar untuk menyukai anjing lebih dalam," kata Acha dikutip Rabu, 27 Januari.

Selama proses syuting, Acha semakin kagum bahwa anjing tidak sekadar hewan yang bisa dipelihara. Mereka juga hewan yang mudah belajar, menghapal, memiliki keterikatan emosi, dan lainnya.

"Aku begitu amazed June dan Kopi pas aku awal mendekati mereka. Pas mulai syuting, mereka seperti ready dengan scene yang kita suguhkan. Misalnya aku ganti popok bayi dan June harus buang popoknya ke tong sampah. Dan aku merasa terintimidasi sebagai aktris sama mereka yang lebih hapal scenenya," kenangnya.