Selain Senam, Makanan Ini Juga Dapat Tingkatkan Imun Tubuh
Makanan sehat (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Olahraga diketahui menjadi salah satu cara ampuh untuk meningkatkan imun tubuh. Cara ini diterapkan oleh Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet. Pihak rumah sakit mengadakan kegiatan senam rutin di pagi hari bagi pasien Covid-19.

Namun tak hanya olahraga, makanan juga menjadi media ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi makanan tertentu, kekebalan tubuh seseorang bisa meningkat. Dengan begitu, risiko terkena penyakit menjadi berkurang.

Berikut makanan-makanan yang bisa meningkatkan imun, mengutip dari Healthline.

Pepaya

Pepaya (Pixabay)

Pepaya kaya akan kandungan vitamin C. Papain yang terkandung dalam buah pepaya bagus untuk enzim pencernaan, karena memiliki efek antiinflamasi. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan kalium, magnesium, dan folat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Bawang Putih

Bawang Putih (Pixabay)

Bawang putih memiliki senyawa yang mengandung sulfur, seperti alicin, yang dapat meningkatkan imun tubuh. Bawang putih juga bermanfaat menurunkan tekanan darah, memperlambat pengerasa arteri, dan melawan infeksi.

Brokoli

Brokoli (Pixabay)

Brokoli mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang kaya. Brokoli mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan lain. Namun dalam memasak brokoli, jangan dimasak terlalu lama. Masak atau kukus sebentar saja agar kandungan dalam brokoli tidak hilang.

Kerang

Kerang (Pixabay)

Kerang kaya akan kandungan zinc. Zinc bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun dalam mengkonsumsi zinc tidak boleh berlebihan. Jika berlebihan justru bisa menghambat sistem kekebalan tubuh.

Paprika Merah

Paprika merah (Pixabay)

Paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang lebih kaya dari jeruk. Vitamin C dalam paprika merah bermanfaat meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan kulit. 

Selain itu, paprika merah juga mengandung beta karoten. Beta karoten yang diolah tubuh menjadi vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit.

Bayam 

Bayam (Pixabay)

Bayam mengandung antioksidan dan beta karoten. Selain itu, bayam juga kaya kan vitamin C. Kandungan dalam bayam tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun perlu diingat, bayam dimasak dalam waktu sebentar, untuk mempertahankan nutrisi.