Mengenal 5 Jenis Cokelat Batangan, Anda Suka yang Mana?
Gambar Cokelat Batangan (Vie Studio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Cokelat merupakan salah satu bahan makanan berasal dari biji kakao yang telah melalui serangkaian proses panjang. Cokelat memiliki berbagai varian rasa dan bentuk, membuatnya menjadi makanan paling digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari orang tua sampai anak kecil. 

Namun, tidak sedikit orang merasa bingung dalam membedakan jenis-jenis cokelat. Untuk tahu lebih jauh tentang cokelat, mari simak ulasan jenis-jenis cokelat yang telah VOI rangkum seperti dilansir Bon Appetit berikut ini:

Milk Chocolate

Milk chocolate atau cokelat susu merupakan cokelat jenis cokelat batang dengan kandungan kakao paling sedikit yaitu hanya berkisar 10-40 persen saja. Rasa manis dari milk chocolate didapat dari tambahan susu, gula, dan perasa. Bahan tambahan ini membuat milk chocolate jadi lebih manis dan bertekstur lembut.

Semi-Sweet Chocolate

Jenis cokelat batang semi-sweet chocolate dapat dikonsumsi secara langsung maupun digunakan sebagai bahan pembuatan kue. Semi-sweet Chocolate mengandung sekitar 60 persen kakao dan 40 persen gula. Lebih banyak jika dibandingkan milk chocolate

Cokelat Putih

Cokelat putih tidak mengandung kakao dan hanya terbuat dari 20 persen lemak cokelat, cocoa butter, gula, dan susu sebagai penambah rasa. Terbuat dari lemak cokelat, menyebabkan jenis cokelat batangan ini memiliki warna putih. 

Rasanya terlalu manis dan creamy membuat cokelat putih jarang dikonsumsi maupun diolah sebagai kudapan. Meski begitu, cokelat putih sangat pas untuk melengkapi minuman atau makanan bercita rasa pahit.

Dark Chocolate

Jenis cokelat batang ini memiliki warna hitam pekat dan mengandung lebih dari 70 persen kakao. Dark chocolate dapat dikonsumsi secara langsung maupun sebagai bahan pembuatan minuman dan makanan. Selain itu, dark chocolate juga dianggap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama psikis.

Unsweetened Chocolate

Cokelat tanpa pemanis (unsweetened chocolate) terbuat dari 100 persen kakao tanpa tambahan gula di dalamnya. Jenis cokelat batang ini hanya dicampur dengan kakao cair atau cocoa butter

Unsweetened chocolate memiliki rasa pahit sehingga kurang cocok untuk dikonsumsi secara langsung dan lebih sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue. Kue brownies dan black forest adalah jenis kue yang terbuat dari unsweetened chocolate.