Selain Wortel, Ini 7 Daftar Makanan yang Menyehatkan Mata
Ilustrasi makanan yang menyehatkan mata selain wortel (Freepik/benzoix)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Wortel dikenal sebagai makanan yang baik untuk mata karena mengandung karotenoid tinggi dan menghasilkan vitamin A. Namun ternyata, wortel tak masuk jajaran makanan terbaik untuk kesehatan mata. Dalam urutan berikut, ini daftar makanan yang baik dikonsumsi  sehari-hari dan menyehatkan mata.

1. Bayam

Tampaknya film kartun Popeye cukup melekat di masyarakat. Tak salah pula bahwa tokoh Popeye makan bayam untuk tubuh lebih kuat. Bayam mengandung lutein dalam jumlah besar yang dikaitkan dengan penurunan risiko operasi katarak. Selain itu, bayam juga mengandung karotenoid beta keroten dan zeaxanthin. Kedua kandungan ini penting sekali untuk menjaga kesehatan mata.

makanan yang menyehatkan mata selain wortel
Ilustrasi makanan yang menyehatkan mata selain wortel (Freepik/Racool_studio)

2. Oyster

Oyster atau tiram kaya akan seng, mineral yang sering kurang dalam tubuh. Faktanya, tiram lebih banyak mengandung seng yang menurut pakar diet Caroline Kaufman, MS., RDN., seng membantu membawa vitamin A dari hati ke retina mata untuk menghasilkan pelindung mata atau disebut melanin.

3. Teh hijau

Teh hijau lebih dari minuman yang segar. Berasal dari daun, teh hijau bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang benar-benar andal melindungi mata. Pakar diet David Katz, MD., MPH. dilansir WebMD, Rabu, 14 Juni, mengatakan bahwa teh hijau kaya akan flavonoid. Flavonoid adalah keluarga antioksidan yang membantu melindungi retina akibat radiasi matahari. Selain itu, dalam penelitian yang baru dilakukan pada hewan, menemukan bahwa teh hijau dikaitkan dengan penurunan risiko glaukoma.

makanan yang menyehatkan mata selain wortel
Ilustrasi makanan yang menyehatkan mata selain wortel (Freepik/pikisuperstar)

4. Kenari

Kenari masuk dalam kategori kacang-kacangan yang merupakan sumber asam lemak omega 3. Kecang kenari juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, termasuk aliran darah dan kadar lipid yang penting untuk kinerja mata.

5. Labu

Seperti halnya bayam, labu juga merupakan seumber karotenoid lutein dan zeaxanthin. Dua kandungan ini dianggap sebagai nutrisi penting pencegah penyakit mata berkaitan dengan usia. Menurut banyak ahli, dua kandungan ini mampu melindungi macula mata.

Menurut direktur klinik nutrisi mata di Nava Southeastern University College of Optometry, Kimberly Reed, OD., FAAO., bagi orang lanjut usia penting menjaga kecukupan nutrisi. Karena kalau kurang nutrisi lebih rentan mengalami degenerasi macula. Labu merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik. Selain juga sumber vitamin A yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan, misalnya muffin, brownis, sup, dan semur.

makanan yang menyehatkan mata selain wortel
Ilustrasi makanan yang menyehatkan mata selain wortel (Freepik/timolina)

6. Goji berry

Di beberapa negara, goji berry lebih mudah ditemukan dalam bentuk kering di supermarket. Makanan ini baik untuk kesehatan mata karena mengandung zeaxanthin yang tinggi. Anda bisa meracik goji berry menjadi teh hingga ditambahkan di atas sereal atau oatmeal untuk sarapan pagi.

7. Ikan salmon

Asam lemak omega 3 paling banyak ditemukan dalam makanan laut atau dikenal sebagai minyak ikan. Dalam kasus kesehatan mata, omega 3 menstabilkan struktur sel dan memfasilitasi komunikasi ke sel. Kaufman jelaskan bahwa asam lemak pada ikan salmon membantu menurunkan degenerasi macula pada orang dewasa. Nutrisi dalam ikan salmon juga melindungi dari glaukoma dan mata kering.

Itulah ketujuh makanan yang menyehatkan mata selain wortel. Anda bisa memasukkan daftar makanan di atas untuk menu sehari-hari. Bisa juga divariasikan satu sama lain untuk tetap menjaga mata sehat.