Dapat <i>Standing Ovation</i> 7 Menit, Johnny Depp Menangis di Festival Film Cannes
Johnny Depp (Le Pacte)

Bagikan:

JAKARTA - Johnny Depp tampil penuh emosi di Festival Film Cannes 2023. Ia hadir dalam rangka premiere film terbarunya, Jeanne Du Barry yang menjadi film pembuka festival tersebut pada Selasa, 16 Mei 2023.

Melansir People, penayangan perdana Jeanne Du Barry menerima standing ovation selama tujuh menit. Video yang beredar di media sosial menunjukkan Johnny Depp yang menangis melihat penonton bertepuk tangan.

Depp melihat ke arah audiens dan mulai menyeka air matanya. Ia juga terlihat memeluk lawan mainnya dan sutradara Maiwenn.

“Saya ingin membagikan momen ini dengan cinta saya, produser saya, dengan Le Pacte. Ini produksi yang sulit didanai… dan saya ingin membagikan momen ini dengan semua tim saya di teater,” kata Maiwenn pada acara tersebut.

Premiere dilakukan hampir satu tahun sejak Johnny Depp terlibat dalam sidang kasus pencemaran nama baik dengan mantan istrinya, Amber Heard karena artikel yang Heard tulis pada tahun 2018 berisi dugaan kekerasan domestik.

Kehadiran Johnny Depp di karpet merah Cannes tidak sepenuhnya positif. Ketika kabar ini beredar, tidak sedikit publik termasuk pendukung Heard menyuarakan protes terhadap Festival Film Cannes. Mereka menganggap festival ini melanggengkan praktik kekerasan dan mengglorifikasi pelaku.

Thierry Fremaux selaku ketua festival merespons dugaan terkait Johnny Depp yang penolakan yang ramai dibicarakan di media sosial.

“Saya tidak tahu imej Johnny Depp di Amerika Serikat. Sejujurnya, selama hidup saya, saya hanya punya satu aturan, kebebasan berpikir bersuara dan berakting secara legal,” kata Fremaux.

“Jika Johnny Depp dilarang dari akting atau filmnya dilarang, kami tidak mungkin di sini membicarakannya. Jadi kami menonton film Maiwenn dan kami merasa ini bisa dikompetisikan. Dia mungkin menjadi sutradara perempuan ke delapan di sini,” katanya lagi.

“Kontroversi ini muncul setelah filmnya diumumkan di Cannes karena semua orang tahu Johnny membuat film di Prancis. Saya tidak tahu mengapa dia (Maiwenn) memilihnya tapi ini pertanyaan yang kalian harus tanyakan kepada Maiwenn,” lanjut Fremaux.

Disutradarai Maïwenn, Jeanne du Barry menceritakan Raja Prancis Louis XV yang diperankan Depp dan pasangannya Jeanne du Barry (Maïwenn) yang tinggal di Versailles Palace. Louis XV membawanya ke istana meski Jeanne bukan orang terpandang.

Jeanne adalah seorang wanita kelas pekerja yang menggunakan kecerdasan dan daya pikatnya demi menaikan status sosial. Kehadiran Jeanne menciptakan skandal pengadilan di kerajaan. Kemudian, Louis XV dituduh melakukan korupsi setelah 59 tahun masa pemerintahan, terpanjang dalam sejarah Prancis.

Sejauh ini film Jeanne Du Barry belum memiliki tanggal rilis teatrikal.