5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Menyiksa Diri Sendiri
Diet (Photo Mix-Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Dari waktu ke waktu, selalu ada tren diet baru yang diklaim ampuh menurunkan berat badan. Anda tinggal menyesuaikan pada diet mana yang paling terasa sesuai, mulai dari pilihan menu makanan dan berbagai pantangannya. 

Seringkali orang tak sanggup mengikuti aturan diet yang ada karena merasa kurang cocok dengan pemilihan makanan yang disarankan, misalnya menghindari garam, tak boleh makan tepung dan gorengan, hanya boleh makan sayur, atau wajib makan rebus-rebusan. Akhirnya, diet gagal lagi! 

Bila Anda sedang memikirkan cara untuk menurunkan berat badan tanpa terasa menyiksa, bisa ikuti tips berikut ini: 

Mengurangi kalori

Kuncian dari menurunkan berat badan adalah caloric deficit. Jadi intinya Anda harus fokus pada pengurangan kalori. Ini pun bisa dimulai perlahan-lahan dan dijadikan kebiasaan agar tak terlalu berat.

Rata-rata, pria dewasa butuh 2.500 kalori sehari, sementara wanita dewasa biasanya butuh sekitar 2.000 kalori. Agar berat badan bisa turun, Anda bisa mengurangi kalori sedikit demi sedikit di bawah angka rata-rata tersebut. 

Untuk pilihan makanan, bisa disesuaikan dengan yang Anda inginkan. Pastinya, tetap bisa makan nasi, roti, bahkan dessert! Tinggal buat perpaduan antara makanan rendah kalori dan tinggi kalori selama sehari. Bisa makan apa saja yang penting tak melewati batas. 

Makan sayur dan buah

Sayur dan buah memang baik untuk kesehatan serta bisa membantu menurunkan berat badan. Anda bisa mulai lebih rajin makan buah dan sayur, tambahkan keduanya dalam menu makan sehari-hari. Olah sesuai selera, misalnya dibuat salad atau jus sayur dan buah? 

Jangan lupa minum air putih!

Anda mungkin sudah tahu kalau kita disarankan minum air putih delapan gelas per hari. Namun, kenyataannya kadang sulit dilakukan. Pada diet kali ini, cobalah memprioritaskan air minum karena ini adalah tidak berkalori sehingga bisa dikonsumsi sepuasnya. Ketika tubuh cukup air, Anda tak akan mengalami dehidrasi yang seringkali diartikan tubuh sebagai lapar palsu. 

Kurangi gula dan garam

Kedua bahan ini sebenarnya masih aman dikonsumsi dalam batas normal. Anda mungkin merasa terlalu berat bila makan tanpa gula dan garam. Maka dari itu, kurangi saja penggunaannya dan jangan dikonsumsi berlebihan. 

Sodium dalam garam bisa memperlambat proses metabolisme lemak. Sedangkan kebanyakan gula bisa menambahkan lemak perut dan kalorinya tinggi sehingga bisa mengganggu diet. 

Olahraga

Program penurunan berat badan bisa lebih optimal bila dibantu dengan olahraga rutin. Bila belum terbiasa, cobalah mendorong diri sendiri untuk bergerak paling tidak 30 menit per hari. Olahraga yang dipilih bisa apapun, mulai dari jalan kaki, lari, bersepeda, berenang, atau apapun yang Anda suka.