Menurut Penelitian, Ini Daftar Minuman Paling Sehat untuk Penderita Diabetes Tipe 2
Ilustrasi minuman sehat untuk penderita diabetes tipe 2 (Freepik/Azerbaijan.stockers)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Minuman manis tentu termasuk daftar minuman yang harus dibatasi untuk penderita diabetes tipe 2. Karena menurut penelitian, minum minuman manis tanpa batas dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular hingga kematian pada penderita diabetes. Jadi, apa minuman paling sehat untuk penderita diabetes tipe 2?

Temuan terbaru peneliti dari Amerika Serikat, dari memeriksa 15.500 data orang dengan diabetes tipe 2, menemukan mereka yang minum manis paling banyak memiliki peningkatan 20 persen risiko kematian dari penyebab apapun dan 25 persen lebih tinggi risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian diterbitkan dalam The BMJ, menunjukkan bahwa minum kopi, teh, air putih, dan susu rendah lemak mengurangi risiko semua penyebab kematian. Jadi, ada baiknya beralih dari minuman manis ke minuman sehat tersebut.

minuman sehat untuk penderita diabetes tipe 2
Ilustrasi minuman sehat untuk penderita diabetes tipe 2 (Freepik)

“Secara keseluruhan, hasil ini memberikan bukti tambahan yang menekankan pentingnya pilihan minuman dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan di antara orang dewasa dengan diabetes,” tulis Le Ma, Ph.D., dari departemen nutrisi di Harvard’s T.H. Chan School of Public Health dilansir WebMD, Rabu, 10 Mei.

Nita Forohi, MD., Ph.D., dari University of Cambridge School of Clinical Medicine menjelaskan. Bahwa sebab akibat minum minuman dan penyakit yang diderita tidak melulu linier. Pasalnya, banyak faktor yang bisa memengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Namun, sebagai langkah antisipasi meminimalisir risiko penyakit tertentu, lebih baik menghindari minum minuman yang buruk.

Menghindari minum minuman manis, ternyata terbukti perlu dilakukan dalam catatan di 45 negara. Jadi masuk akan apabila fokus pada minuman tak manis dari racikan kopi, teh, air putih, dan susu rendah lemak. Bahkan, minum teh manis menurut pemahaman klasik di negara selatan, lebih baik ketimbang minum minuman bersoda. Namun penting memperhatikan takaran gula harian terutama bagi penderita diabetes tipe 2. Lebih baik, pesan teh tawar tanpa gula jika Anda makan di restoran. Pun dengan minum jus lemon, susu cokelat, kopi latte, smoothies, dan wine, ukur kadar gula di dalamnya agar tetap menjadi minuman paling sehat.