Teknik Fillet Ikan yang Bisa Dicoba Ibu-Ibu di Rumah, Nggak Perlu Beli di Supermarket
Ilustrasi ikan fillet (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ikan fillet saat ini tengah menjadi bahan makanan yang digemari banyak orang. Ikan fillet banyak dijual di pasar maupun supermarket. Namun selain membelinya, Anda juga bisa membuat fillet ikan sendiri di rumah. Bagaimana teknik fillet ikan yang benar?

Kini banyak ibu rumah tangga yang lebih memilih ikan fillet untuk diolah jadi berbagai hidangan karena proses penyajiannya lebih praktis. Fillet ikan paling sering diolah dengan cara digoreng campur tepung dan dipanggang. 

Ikan fillet cocok bagi Anda yang ingin membuat masakan secara mudah dan cepat, tanpa pengolahan yang ribet. Jika ingin lebih berhemat, Anda bisa membuat fillet ikan sendiri dengan membeli bahannya. Namun Anda perlu tahu seperti apa teknik fillet ikan dan apa saja jenis-jenis fillet ikan?

Teknik Fillet Ikan

Fillet adalah irisan ikan tanpa tulang dan sisik yang diambil dari kedua sisi badan ikan. Fillet ikan diperoleh dengan cara penyayatan ikan utuh dari dari belakang kepala hingga mendekati ekor. Potongan daging ikan hasil fillet akan berbentuk saling bergandengan. 

Berikut ini cara atau teknik fillet ikan yang benar:

  1. Pertama Potong Kepala Ikan: Letakkan pisau di belakang sirip dada ikan, kemudian potong secara diagonal ke bawah. Lakukan pemotongan di kedua sisi ikan.
  2. Buang Bagian Ekor Ikan: Letakkan pisau di bagian pangkal ekor, kemudian potong secara lurus ke bawah.
  3. Fillet Tubuh Ikan: Sayat tubuh ikan mulai dari bagian pangkal kepala, tekan dan potong melalui tulang sampai bagian ekor. Potong sekitar tulang rusuk untuk memisahkan fillet.
  4. Potong Bagian Pinggir Tubuh Ikan: Potong bagian pinggiran hasil filletan untuk membuang bagian pinggiran perut dan punggung ikan.
  5. Membuang Kulit Ikan: Iris antara kulit dan daging ikan, dimulai dari ujung bagian ekor ikan. Tahan bagian kulit, kemudian gerakkan pisau menyisir bagian fillet hingga ke bagian pangkal kepala.

Jenis-Jenis Fillet Ikan

Ada berbagai jenis fillet ikan yang bisa Anda pilih, sebagai berikut:

  1. Block fillet: bagian daging ikan hasil fillet dari kedua sisi tubuh ikan. Kedua sisi tubuh ikan tersebut akan bergandengan atau tidak putus.
  2. Cross-cut fillet: Fillet yang dihasilkan dari ikan yang berbentuk pipih. Masing-masing tubuh ikan dibuat sebuah fillet.
  3. Quarter-cut fillet: Fillet yang dihasilkan dari daging ikan yang berbentuk pipih, dimana masing-masing sisi tubuh ikan dibuat menjadi dua bagian fillet.
  4. Single fillet: Fillet yang dihasilkan dari satu sisi tubuh ikan.

Demikianlah tips melakukan cara atau teknik fillet ikan yang benar. Jadi Anda bisa menghasilkan ikan fillet sendiri di rumah dibanding membelinya, sehingga bisa menghemat pengeluaran. Selain itu, ikan bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk kesehatan karena memiliki banyak kandungan nutrisi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.