Rambut Rusak? Perbaiki dengan 5 Tips Berdasarkan Rekomendasi Ahli
Ilustrasi (Thiago Schlemper/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Semua orang tentu pernah mengalami masalah rambut seperti ujung bercabang, rambut rapuh, dan helaian yang susah diatur. Semua masalah rambut ini jika tidak diatasi dapat sebabkan rambut rusak.

“Penyebab kerusakan helai rambut bisa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal,” jelas ahli trikologi Bridgette Hill di New York City, mengutip Vogue, Jumat, 5 Mei.

Pada dasarnya, rambut harus diperlakukan seperti kain halus. Namun, Hill menjelaskan bahwa rambut yang terawat harus memiliki keseimbangan hidrasi dan elastisitas yang tepat dan dapat merespons produk yang dirancang untuk jenis dan tekstur serat rambut tersebut.

Jika saat ini Anda sedang mengalami masalah dengan rambut, begini tips memperbaiki rambut rusak dari ahli.

Merawat Kulit Kepala

“Kulit kepala merupakan jenis kulit, dimana pertumbuhan rambut yang bagus dimulai dari situ” tegas penata rambut selebriti Bridget Brager. Menurut Hill, hal pertama yang perlu dilakukan dalam mengatasi rambut rusak adalah mengatasi masalah yang mungkin dialami kulit kepala. Bisa jadi karena pewarnaan, kekurangan keratin, ekstensi, panas berlebih, ketegangan, dan penumpukan produk. 

Mulailah dengan menggunakan masker atau minyak khusus yang sesuai dengan kebutuhan kondisi kulit kepala Anda saat ini. Serta, memberikan pergantian sel dan memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, oleskan minyak pra-sampo atau masker dari akar hingga ujung lapisan di atas perawatan pra-sampo kulit kepala.

Bersihkan Rambut dengan Sampo dan Kondisioner Bebas Sulfat

Gunakan sampo dan kondisioner bebas sulfat. Sampo bebas sulfat dapat mengembalikan kelembutan, kilau, dan kelembaban rambut. Sampo dan kondisioner ini menjaga minyak alami pada kulit kepala dan rambut, yang akhirnya membuat rambut lebih lembab. Sampo bebas sulfat bisa jadi solusi bagi pemilik kulit kepala dan rambut yang sensitif, serta bagi penderita rosacea dan dermatitis kontak.

Gunakan Heat Protection

Produk heat protector bekerja sangat baik melindungi rambut dari kerusakan akibat panas karena memberikan lapisan yang tidak akan membuat rambut mudah terbakar karena panas berlebih. Produk-produk heat protector tidak hanya berfungsi melindungi rambut, tapi juga menambah hidrasi dan kilau rambut. Gunakan sebelum mengeringkan dan menata rambut untuk melindungi untaian rambut Anda yang berharga dari berbagai elemen.

Tangani Rambut Basah dan Tata dengan Hati-hati

Rambut basah sangat rapuh, oleh sebab itu tangani dengan hati-hati. Gunakan sisir bergigi lebar atau sikat basah. Sisir rambut dari atas ke bawah dan biarkan rambut mengering dengan baik sebelum ditata. Hindari penggunaan sisir yang terbuat dari logam sebab dapat mengikis serat rambut dan kulit kepala.

Lakukan Trim Secara Teratur

Satu-satunya cara untuk memperbaiki kerusakan termal atau kimiawi yang parah adalah dengan sering memangkas ujung rambut yang mati dan membiarkan rambut yang lebih sehat tumbuh tanpa terpengaruh oleh kerusakan yang berkepanjangan. Selain kerusakan yang parah, trim juga dapat mengurangi ujung bercabang agar tidak berjumbai dan mudah putus.