6 Cara Efektif Memakai Teh Hijau untuk Dapatkan Kulit Wajah Cerah
Ilustrasi cara memakai teh hijau untuk dapatkan kulit wajah cerah (Freepik/master1305)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Selain sebagai minuman menyehatkan, teh hijau juga digunakan untuk formula skincare yang ampuh membuat kulit wajah glowing bercahaya. Dokter kulit Nivedita Dadu mengatakan, teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan, penurunan berat badan, dan pengendalian penyakit. Selain itu, sangat bagus untuk kulit wajah.

Teh hijau mengandung antioksidan yang meningkatkan kesehatan kulit. Di samping juga mengandung senyawa polifenol EGCG, dilansir Healthshots, Rabu, 3 Mei, yang bermanfaat mencegah infeksi kulit. Selain itu, teh hijau juga bermanfaat dalam mengurangi kerusakan akibat terpapar sinar matahari, melembapkan kulit, memudarkan garis-garis halus penuaan, bintik hitam, dan mengobati jerawat. Nah, untuk mendapatkan kulit wajah cerah dengan teh hijau, bisa memakainya dengan cara berikut ini.

1. Sebagai pembersih

Banyak sekali produk pembersih wajah yang menggunakan formula teh hijau. Sayangnya, sarat akan bahan kimia yang bisa diminimalisir dengan membuatnya sendiri. Cara memakainya, dengan air seduhan teh hijau yang sudah dingin dan tambahkan 1 sendok madu. Setelah tercampur rata, Anda bisa mengaplikasikan ke kulit wajah hingga leher. Pijat lembut selama 2 menit dan bilas bersih dengan air.

cara memakai teh hijau untuk dapatkan kulit wajah cerah
Ilustrasi cara memakai teh hijau untuk dapatkan kulit wajah cerah (Freepik/pikisuperstar)

2. Sebagai lulur

Lulur merupakan salah satu produk yang mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebihan. Dokter Dadu mengatakan, teh hijau yang mengandung antioksidan bersifat anti-inflamasi dan sangat bagus untuk mencukupi kebutuhan kulit. Oleh karena itu, bisa menggunakan scrub dari satu sendok teh hijau bubuk dan tambahkan air hingga menjadi pasta. Oleskan lembut ke wajah dan putar searah jarum jam. Terakhir, cuci hingga bersih dan keringkan dengan handuk bertekstur lembut.

3. Sebagai toner

Toner selain membantu menghilangkan kotoran dan minyak, juga membantu menyeimbangkan pH kulit Anda. Toner teh hijau, dapat bekerja dengan baik mencegah jerawat dan infeksi kulit. Cara menggunakannya, seduh teh hijau dan dinginkan. Setelah dingin, celupkan kapas lalu aplikasikan pada kulit wajah malam hari.

4. Mengatasi bibir pecah-pecah

Jika Anda mencari alternatif lip balm yang aman mengatasi bibir pecah-pecah, teh hijau dapat jadi pilihan. Cara mengatasi bibir pecah-pecah menggunakan teh hijau, dengan mengoleskan kantung teh hijau yang telah direndam air hangat. Setelah dingin, tempelkan di bibir selama beberapa menit. Ini akan menghidrasi bibir dan membuat lembap.

5. Masker wajah

Teh hijau dikenal memiliki efek melembapkan kulit dan memperbaiki kulit yang terkena matahari, terang dokter Dadu. Cara memakai teh hijau untuk mendapatkan manfaat tersebut, pakai bubuk teh hijau campur dengan yoghurt, susu, madu, dan gula aren. Campur dan aduk sampai mengental lalu tambahkan minyak zaitun. Masker tersebut bisa diaplikasikan untuk mengelupas wajah dan digunakan dua kali seminggu.

cara memakai teh hijau untuk dapatkan kulit wajah cerah
Ilustrasi cara memakai teh hijau untuk dapatkan kulit wajah cerah (Freepik/wayhomestudio)

6. Masker mata

Untuk mengurangi garis halus dan bintik penuaan serta lingkaran hitam bawah mata. Selain itu, kandungan tannin dan kafein dalam teh hijau mengurangi bengkak bawah mata. Cara memakai the hijau untuk meredakan mata panda, dengan mengompres menggunakan kantung teh yang sudah dingin setelah diseduh.

Keenam cara efektif memakai teh hijau untuk perawatan kulit wajah di atas, adakah yang sering Anda praktikkan di rumah?