Tips Perawatan Tubuh bagi Pria, Lengkap Mulai dari Kepala hingga Kaki
Ilustrasi (Helena Lopez/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sepuluh tahun yang lalu, pria masih membersihkan wajah menggunakan sabun badan. Tetapi sekarang, dengan munculnya media sosial dan influencer, kaum pria pun semakin sadar tentang gaya dan cara merawat diri mereka.

Perawatan tubuh saat ini bukan hanya untuk para wanita saja.  Perawatan tubuh pria telah berkembang selama bertahun-tahun dan ini bukan hanya tentang potongan rambut baru atau pencukuran bersih. Tips perawatan tubuh pria termasuk merawat janggut, menjaga kesehatan kulit, dan merawat tubuh bersih secara keseluruhan.

Mau tahu apa saja perawatan tubuhnya? Simak selengkapnya di bawah ini menyadur Times of India, Selasa, 2 Mei.

Perawatan rambut

Penampilan yang terawat dimulai dengan gaya rambut yang bagus dan trendi. Pastikan Anda memotong rambut secara teratur untuk mempertahankan bentuk rambut Anda. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda dan lanjutkan dengan kondisioner.

Hindari menggunakan air panas pada saat keramas, karena dapat membuat rambut kering dan rapuh. Gunakan sisir dengan gigi yang lebar untuk menyisir rambut. Selain itu, Anda dapat memilih masker rambut seminggu sekali dan krim rambut dengan bahan alami untuk menata rambut.

Perawatan jenggot

Perawatan jenggot sama pentingnya dengan perawatan rambut untuk pria. Jika Anda memiliki janggut, jaga agar tetap rapi dan berbentuk. Gunakan balsem atau minyak khusus jenggot agar tetap lembut dan mudah diatur. Sisir secara teratur untuk menghindari simpul dan kusut. Juga, jangan lupa untuk membersihkan janggut Anda secara teratur untuk menghindari infeksi atau berjerawat.

Ikuti rutinitas perawatan kulit

Cuci muka menggunakan sabun khusus wajah dua kali sehari untuk membuat kulit Anda makin sempurna. Membersihkan muka dengan sabun wajah dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak, serta sel kulit mati dari kulit dan menjadikannya halus dan bersih.

Jaga kebersihan secara keseluruhan

Menjaga kebersihan yang baik adalah aspek perawatan yang paling penting. Mandilah secara teratur dan gunakan sabun berkualitas baik atau body wash untuk membersihkan tubuh Anda. Gunakan deodoran atau antiperspiran untuk mencegah bau badan. Sikat gigi dua kali sehari dan floss secara teratur untuk menjaga kebersihan mulut yang baik juga.

Merawat kuku

Perawatan kuku sering diabaikan, padahal sama pentingnya. Jaga kuku Anda tetap rapi dan bersih untuk terhindar dari infeksi. Gunakan pemotong kuku untuk memotong kuku dan kikir kuku untuk membentuknya. Jika Anda memiliki kutikula yang kasar atau kering, gunakan minyak kutikula untuk melembutkannya. 

Kesimpulannya, mempertahankan penampilan yang rapi memang tidak instan. Ini semua tentang rutinitas sederhana dan memasukkan beberapa kebiasaan dasar perawatan tubuh ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Dengan tips ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan tampilan yang bersih dan rapi.