Manfaat Minum Kopi Campur Lemon yang Sedang Populer Saat Ini
Manfaat Minum Kopi Campur Lemon (Gambar goodhousekeeping.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kopi lemon adalah salah satu tren diet terbaru yang populer di media sosial, dengan beberapa orang mengatakan itu dapat membantu menurunkan berat badan dan mengencangkan perut. Apakah ini iseng-iseng tak berdasar atau adakah kebenaran di balik klaim ini? Ayo cari tahu manfaat minum kopi campur lemon!

Kopi dan lemon adalah dua bahan yang umum ditemukan di hampir setiap dapur.

Kopi salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia dibuat dengan menyeduh biji kopi panggang.

Faktanya, menurut beberapa ahli di Amerika sekitar 75% orang Amerika melaporkan meminumnya setiap hari, dan itu dicari terutama karena kandungan kafeinnya, yang merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati.

Di sisi lain, lemon adalah buah yang termasuk dalam genus Citrus. Mereka adalah buah jeruk yang paling banyak diproduksi ketiga di dunia, setelah jeruk dan mandarin.

Mereka adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang hebat - bersama dengan banyak senyawa tanaman bermanfaat lainnya - itulah sebabnya orang telah menggunakannya untuk khasiat pengobatan selama berabad-abad.

Tren kopi dengan lemon menyarankan untuk mencampurkan 1 cangkir (240 mililiter) kopi dengan perasan 1 lemon.

Sementara beberapa orang mungkin berpikir itu adalah kombinasi yang tidak biasa, yang lain percaya bahwa manfaatnya lebih besar daripada rasa yang aneh meskipun sains mungkin tidak setuju.

Manfaat Minum Kopi Campur Lemon

Kewaspadaan mental dan konsentrasi

Kopi mengandung kafein yang tinggi, stimulan kuat yang memiliki efek positif pada fungsi fisik dan kognitif. Minum secangkir kopi di pagi hari sebelumnya dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Kinerja latihan

Kafein telah terbukti meningkatkan kinerja latihan intensitas tinggi dan meningkatkan daya tahan karena efeknya pada kewaspadaan, waktu reaksi, dan tingkat pengerahan tenaga yang dirasakan (pada dasarnya bagaimana rasanya olahraga berat). Ini berarti secangkir kopi sebelum pergi berolahraga dapat menghasilkan latihan yang lebih baik, dan berpotensi lebih banyak kalori yang terbakar.

Antioksidan

Kopi dan lemon adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan dapat memperlambat atau bahkan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan dianggap dapat meningkatkan kesehatan. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan kopi mungkin memiliki efek anti-inflamasi yang berpotensi.

Lemon juga tinggi vitamin C, yang penting untuk menjaga kesehatan sel dan kulit, serta memungkinkan transportasi dan penyerapan zat besi dalam tubuh Anda.

Apakah Kopi Campur Lemon Berkhasiat?

Kopi dan lemon menawarkan berbagai manfaat kesehatan, sebagian besar karena kandungan antioksidannya.

Namun, tidak ada bukti yang mendukung klaim bahwa minum kopi dengan lemon meredakan diare atau menyebabkan lemak mencair.

Adapun sisa manfaat campuran yang dinyatakan, Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi kopi atau jus lemon secara terpisah. Jadi, tidak perlu mencampurkan keduanya jika Anda tidak menyukainya.

Jadi setelah mengetahui manfaat minum kopi campur lemon, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!