Rekomendasi 5 Jenis Olahraga untuk Pria agar Tubuh Tetap Bugar
Ilustrasi (Bruno Bueno/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam hal menjaga kebugaran, konsistensi adalah faktor terpenting. Anda tidak dapat mengandalkan sekali latihan untuk tetap bugar, meski dilakukan dalam waktu lama dan terasa melelahkan.

Faktanya, seiring usia pria bertambah, latihan harian yang lebih pendek cenderung jauh lebih efektif untuk menjaga kekuatan, mobilitas, dan kebugaran aerobik. Itu sebabnya VOI, melansir laman Eat This, Kamis, 6 April telah memetakan lima jenis olahraga terbaik bagi pria agar tetap bugar.

Squat

Squat harian membantu menjaga mobilitas dan kekuatan otot. Di awal latihan, squat berfungsi membangun kekuatan. Namun, begitu Anda dapat melakukan squat 25 kali atau lebih dengan nyaman, maka manfaat utamanya adalah daya tahan otot.

Saat melakukan squat, mulailah dengan menempatkan kaki lebih lebar dari jarak selebar bahu. Duduk dan turun saat Anda menggerakkan lutut ke samping sambil mempertahankan tubuh tegak. Dorong kedua kaki untuk kembali ke posisi awal. Temukan ritme dalam setiap set.

Pushup

Pushup adalah latihan sederhana namun efektif membangun kekuatan di daerah dada, bahu, dan trisep Anda. Bagi pria yang belum pernah melakukan latihan dada khusus, ada baiknya melakukan push-up setiap hari agar tetap bugar di tubuh bagian atas.

Buat posisi plank dengan lengan di bawah bahu. Turunkan dada Anda ke lantai sambil menjaga badan tetap kuat selama melakukan gerakan. Saat bagian depan tubuh berada sekitar satu inci dari lantai, dorong tangan untuk kembali ke posisi awal. Anda dapat mendekatkan kedua tangan untuk meningkatkan penekanan pada trisep dan menambah variasi.

Pull-ups

Pull-up adalah "yang" untuk "yin" push-up dan merupakan salah satu latihan fisik harian terbaik bagi pria agar tetap bugar. Sederhananya, program kebugaran tubuh bagian atas yang tepat mencakup setidaknya satu gerakan yang melibatkan mendorong dan satu lagi yang melibatkan menarik. Untuk memulai, pull-ups memungkinkan banyak variasi pegangan sesuai dengan otot dan rangsangan yang ditargetkan. Sehingga memungkinkan banyak jenis pull-ups tanpa modifikasi peralatan apa pun.

Mulailah dengan berpegangan pada palang pull-up dengan pegangan tengkurap, netral, atau terbalik. Lengan Anda harus benar-benar terulur. Tarik diri Anda hingga dada mencapai palang. Kemudian, perlahan-lahan turunkan kembali ke posisi awal.

Dips

Dips adalah pilihan latihan fisik untuk tubuh bagian atas yang bagus menjaga kekuatan dan mobilitas bahu. Anda dapat melakukan gerakan ini di sofa, kursi, atau bangku. Meskipun saran ahli adalah palang atau cincin paralel jika Anda memilikinya. Jaga agar jari Anda mengarah ke luar saat melakukan chair dips.

Jika melakukan celupan pada cincin atau palang, turunkan dada ke lantai saat Anda menekuk siku dan bahu. Saat Anda mencapai bagian bawah rentang gerak Anda, dorong kedua tangan untuk kembali ke posisi awal.

Lunges

Lunges adalah gerakan penutupan yang tepat mengakhiri latihan seluruh tubuh. Anda dapat melakukan walking lunge atau lunge di tempat dengan langkah bergantian. Jika Anda memiliki ruang, walking lunge lebih disukai.

Untuk memulai, posisikan satu kaki ke depan dengan pinggul perlahan-lahan diturunkan sampai kedua lutut ditekuk pada sudut kira-kira 90 derajat. Pastikan bahwa lutut lainnya tidak menyentuh tanah. Semua berat badan harus dijaga pada tumit dengan lutut yang menerjang tetap sejajar dengan pergelangan kaki.