Agar Tumbuh Subur, Begini Cara Menggunakan Cangkang Telur pada Tanaman
Ilustrasi (Klaus Nielsen/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Cangkang telur merupakan pupuk tambahan yang bagus untuk sebagian besar tanaman hias karena mengandung kalsium karbonat, yang memperkuat struktur tanaman. Faktanya, semua jenis cangkang telur, baik yang berbintik, berwarna cokelat atau putih mengandung potasium dan fosfor, nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman. 

Frank McDonough, spesialis informasi botani di Arboretum of Los Angeles, memberi rekomendasi. Menambahkan cangkang telur yang sudah dihancurkan ke semua jenis tanaman di rumah Anda yang menggunakan kompos rumahan sebagai pupuk.

Menambahkan pupuk kompos rumahan tanpa cangkang telur seringkali terlalu asam untuk tanaman sayur Anda. Keasaman yang tinggi dapat menurunkan kemampuan tanaman menyerap nutrisi sehingga berdampak buruk pada tanaman. Oleh sebab itu, penambahan cangkang telur berfungsi menetralkan sifat asam yang diberi oleh pupuk kompos.

Lantas, penasaran bagaimana cara menggunakan cangkang telur untuk tanaman? VOI menyadur laman  Reader’s Digest, Kamis, 6 April, membagikan beberapa tips menggunakan cangkang telur sebagai penyubur tanaman berikut ini.

Pupuk Kompos Cangkang Telur

  1. Bilas cangkang telur setelah digunakan. Menghilangkan sisa telur dari cangkang mengurangi risiko menarik semut atau hewan kecil lainnya.
  2. Keringkan cangkang telur. Biarkan di atas wadah selama satu atau dua hari, masukkan ke dalam freezer semalaman (atau lebih lama), atau panggang di atas loyang dalam oven 200 derajat selama sekitar 20 menit. Semua teknik ini membuat cangkang lebih mudah hancur.
  3. Hancurkan kulit telur. Anda dapat melakukannya dengan tangan atau memasukkannya ke dalam kantong plastik dan menggunakan rolling pin untuk membuat potongan cangkang sekecil mungkin. Lesung, alu, alat crusher, blender, atau penggiling kopi pun bisa digunakan untuk menghancurkan kulit telur. (Penggiling kopi akan membuat tekstur cangkang menyerupai bubuk.)
  4. Tambahkan 1–2 sendok makan pupuk cangkang telur yang telah dihancurkan atau dihaluskan ke dalam kompos atau lubang tanam.
  5. Tanam tanaman seperti biasa.
  6. Untuk tanaman yang sudah ada atau hanya untuk memperkaya tanah, tambahkan kompos yang dicampur dengan cangkang telur ke bagian atas tanah atau masukkan sedikit cangkang telur di sekitar pangkal tanaman.

Pupuk Cair Cangkang Telur

Karena sifatnya yang kokoh, cangkang telur membutuhkan waktu lama untuk terurai. Sehingga apabila diletakkan begitu saja di sekitar tanaman, bisa ganggu tampilan dari tanaman itu sendiri. Untuk itu, sebagai alternatif gunakan cangkang telur sebagai pupuk cair. Jika tanaman tidak tumbuh subur atau jika Anda mencoba mencari cara menghidupkan kembali tanaman yang mati, nutrisi tambahan cangkang telur dapat membantu.

  1. Masukkan cangkang telur yang sudah dihancurkan ke dalam panci
  2. Tambahkan air dan didihkan.
  3. Biarkan campuran mendingin semalaman agar nutrisi cangkang telur larut dalam air.
  4. Saring untuk membuang cangkangnya.
  5. Sirami tanaman dalam ruangan seperti biasa, berikan perhatian khusus pada tanaman favorit yang kekurangan nutrisi. Air cangkang telur juga bisa digunakan untuk menyuburkan kebun kontainer.
  6. Taruh sisa cangkang yang dihancurkan di taman luar ruangan atau tumpukan kompos Anda.

Sebagai informasi, pupuk cangkang telur nutrisinya tidak bisa langsung dimanfaatkan oleh tanaman. Tanaman memerlukan waktu sekitar empat minggu untuk benar-benar bisa menyerap nutrisinya. Selain itu, pupuk cangkang telur juga tidak cocok untuk mengatasi masalah seperti kekurangan kalsium yang akut, seperti ujung buah yang berwarna hitam dan membusuk.