7 Makanan yang Membantu Melancarkan Peredaran Darah
Ilustrasi makanan yang membantu melancarkan peredaran darah (Freepik/gpoinstudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sirkulasi darah yang lancar membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk dari jantung ke otak hingga otot dan kulit. Untuk melancarkan peredaran darah, pola makan berperan penting. Tetapi tentu perlu dibarengi dengan rutin olahraga, berat badan sehat, tidak merokok, dan mengonsumsi sejumlah makanan yang bermanfaat melancarkan peredaran darah. Apa saja daftar makanan tersebut?

1. Anggur

Terdapat berbagai varietas buah anggur. Tetapi anggur ungu dapat paling efektif membantu menjaga arteri tetap sehat dan meningkatkan aliran darah. Semua varietas rata-rata memiliki rasa manis.

Manfaat anggur, dibuktikan dalam penelitian dilansir WebMD, Minggu, 5 Maret, menemukan bahwa anggur kaya antioksidan yang mampu mendorong pembuluh darah untuk rileks dan bekerja efisien. Anggur juga menyembuhkan peradangan dan menghalau molekul pengganggu dalam darah yang bisa membuat darah lengket.

makanan yang membantu melancarkan peredaran darah
Ilustrasi makanan yang membantu melancarkan peredaran darah (Freepik/8photo)

2. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa belerang, disebut allicin yang membantu pembuluh darah Anda rileks. Penelitian menunjukkan bahwa pada orang yang makan makanan kaya bawang putih, darah mengalir lebih efisien. Itu berarti jantung tidak harus bekerja keras untuk menggerakkan darah ke seluruh tubuh, yang membantu menjaga tekanan darah tetap rendah.

3. Bayam

Makanan kaya nitrat seperti bayam dapat meningkatkan peredaran Anda. Senyawa ini membantu memperbesar pembuluh darah Anda dan menciptakan lebih banyak ruang bagi darah untuk mengalir. Sebuah penelitian menemukan bahwa diet kaya bayam membantu menjaga arteri tetap fleksibel dan membantu menurunkan tekanan darah.

4. Buah berry

Buah beri kaya akan antioksidan, termasuk yang sangat baik untuk pembuluh darah, yaitu anthocyanin. Itu adalah senyawa yang memberi warna merah dan ungu menghasilkan rona warna yang dalam. Anthocyanin dapat membantu melindungi dinding arteri Anda dari kerusakan dan menjaganya agar tidak kaku. Ditambah lagi, anthocyanin memacu pelepasan oksida nitrat, yang membantu menurunkan tekanan darah Anda.

makanan yang membantu melancarkan peredaran darah
Ilustrasi makanan yang membantu melancarkan peredaran darah (Freepik)

5. Bit

Sayuran akar ini kaya akan nitrat, yang dapat diubah tubuh menjadi oksida nitrat. Oksida nitrat membantu melonggarkan pembuluh darah secara alami dan meningkatkan aliran darah ke jaringan serta organ tubuh. Para peneliti telah menemukan bahwa jus bit juga dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

6. Delima

Biji merah kecil yang berair di dalam buah delima kaya akan antioksidan dan nitrat. Kandungan nutrisi tersebut dapat meningkatkan peredaran Anda. Selain juga bermanfaat bagi pembuluh darah Anda dan menurunkan tekanan darah. Itu berarti lebih banyak oksigen dan nutrisi dikirim ke otot dan jaringan lain. Untuk orang yang aktif, aliran darah yang lebih besar juga dapat meningkatkan kinerja.

7. Kenari

Kacang kenari bisa Anda masukkan sebagai makanan sehat yang membantu melancarkan peredaran darah. Jenis kacang berkulit keriput ini kaya akan asam alfa-linolenat, sejenis asam lemak omega-3, yang dapat membantu melancarkan aliran darah. Sebuah penelitian menemukan bahwa makan kenari secara teratur selama 8 minggu meningkatkan kesehatan pembuluh darah, membantu pembuluh tetap elastis, dan menurunkan tekanan darah.

Itulah ketujuh sayuran, buah, dan makanan yang membantu melancarkan peredaran darah. Adakah di antara daftar di atas yang belum pernah Anda masukkan dalam menu harian?