5 Kesalahan dalam Olahraga yang Membuat Kamu Justru Kehilangan Massa Otot
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Meningkatkan intensitas olahraga dan melakukan penurunan asupan kalori dapat membantu tubuh jadi lebih sehat. Apalagi jika Anda memiliki berat badan berlebih. Tapi, tahukah Anda jika melakukannya secara berlebihan justru bisa membawa dampak negatif? Salah satunya yaitu kehilangan massa otot.

Berikut merupakan lima kesalahan olahraga yang akan membuat Anda kehilangan massa otot, bukannya membangun otot.

Terlalu mengurangi konsumsi kalori

Bagi orang dengan masalah kelebihan berat badan, memilih mengurangi asupan kalori dianggap sebagai jalan pintas. Namun, makanan adalah bahan bakar untuk otot dan kurang asupan kalori akan memaksa tubuh Anda bekerja ekstra keras. Jika Anda mengurangi kalori disertai latihan kardio secara intensif, maka Anda cenderung akan kehilangan otot seiring waktu. Pastikan tubuh mendapat bahan bakar yang tepat sebelum intens latihan kardio. Pasalnya, selain kalori dan lemak kardio juga akan membakar otot Anda begitu sumber energi lain habis.

Olahraga berlebihan

Konsisten latihan sangat diperlukan guna membangun otot. Namun, segala sesuatu yang berlebihan, bahkan dalam berolahraga pun bisa mendatangkan hasil yang buruk. Alangkah baiknya, berikan tubuh beristirahat setelah sesi latihan yang berat. Selain kehilangan massa otot, overtraining juga dapat menyebabkan kelelahan, kualitas tidur yang buruk, kekurangan energi, nyeri otot, dan perubahan suasana hati.

Kurang asupan protein

Untuk membangun dan mempertahankan masa otot, asupan protein yang cukup pun sangat diperlukan. Pastikan Anda mendapatkan protein dari sumber makanan utuh dan jika Anda mengonsumsi bubuk protein, pastikan kualitasnya tinggi. Untuk diet, jumlah protein yang harus dikonsumsi perhari adalah 0,8 gram per kilogram berat Anda. Sedangkan bagi Anda yang bertujuan meningkatkan massa otot, The American College of Sports Medicine (ACSM) merekomendasikan jumlah antara 1,2 atau 2,0 gram protein per kilogram berat berat Anda.

Tidak cukup tidur

Memperhatikan waktu tidur juga jadi prioritas utama untuk membantu Anda mempertahankan dan menambah massa otot. Otot memperbaiki dan berkembang saat Anda tidur. Jadi para ahli merekomendasikan tidur sekitar delapan jam setiap malam. Menurut penelitian, tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik atau tidur yang cukup dapat meningkatkan risiko kehilangan massa otot.

Terlalu sering kardio

The Physical Activity Guidelines for Americans merekomendasikan agar orang dewasa sehat melakukan minimal 150 menit latihan aerobik dengan intensitas sedang per minggu. Namun, mereka yang melakukan melampaui ambang batas ini. Bersamaan dengan kurangnya asupan kalori dapat membuat tubuh sulit mempertahankan atau mendapatkan kembali massa otot. Untuk pertumbuhan otot, penting menemukan keseimbangan yang baik antara latihan kardio dan kekuatan.