8 Jenis Minyak yang Punya Fungsi Perkuat Helai Rambut
Ilustrasi (Tomas Barcellos/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Mengaplikasikan minyak pada rambut jadi hal sering dilewatkan banyak orang dalam menjaga kesehatan rambutnya. Apalagi bagi pemilik rambut kering dan sudah diatur, menggunakan minyak rambut sangatlah penting. Namun, Anda perlu memilih jenis minyak yang tepat untuk menutrisi rambut, menghilangkan kekeringan yang diakibatkan oleh styling berlebih maupun faktor lainnya, memperkuat helai rambut. Melansir Times of India, Jumat, 3 Februari, berikut jenis minyak yang bisa memperkuat rambut.

Minyak zaitun adalah pilihan yang bagus untuk perawatan rambut. Bahan aktifnya mencegah helai rambut jadi rusak, kasar dan keriting. Minyak ini juga menambah nutrisi tidak hanya untuk rambut tetapi juga kulit kepala. Minyak zaitun juga merupakan salah satu bahan utama yang bisa Anda gunakan untuk masker rambut. Caranya, campurkan minyak zaitun, kuning telur, dan madu untuk mengatasi rambut bercabang, kusut, dan rambut kusam. Diamkan selama 20 – 30 menit lalu bilas.

Minyak almond menutrisi rambut kering dan rusak serta menambah kilau rambut karena kaya akan Vitamin E, magnesium, dan asam lemak Omega-3. Ambil setengah sendok teh minyak almond di telapak tangan Anda dan gosokkan kedua telapak tangan dengan lembut ke rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut.

Minyak kelapa jadi minyak rambut paling populer karena punya manfaat memperkuat rambut dan membuatnya tebal dan berkilau. Aplikasikan minyak kelapa dengan pijatan ringan ke kulit kepala dapat membantu merangsang sirkulasi darah ke folikel rambut dan juga melembutkan tekstur rambut.

Minyak wijen juga digunakan jika Anda memiliki rambut kering. Minyak wijen mengandung emolien yang bertugas menghaluskan ujung yang kasar. Anda juga dapat mengaplikasikan minyak ini ke rambut untuk melindunginya dari kerusakan akibat polusi udara, angin, dan sinar matahari. 

Minyak jojoba kaya akan vitamin dan mineral yang menutrisi rambut. Memiliki komposisi berminyak sehingga dapat digunakan sebagai pelembab. Minyak ini juga dapat ditambahkan ke kondisioner rambut untuk memberi Anda perlindungan tambahan terhadap kekeringan, kerusakan, dan ujung rambut bercabang. 

Minyak jojoba juga bisa melembabkan kulit kepala dan menghilangkan ketombe. Karena memperkuat rambut, minyak jojoba juga dianggap dapat mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan ketebalan rambut.

Minyak argan memberi keajaiban pada rambut Anda dalam beberapa cara. Kaya akan asam lemak dan Vitamin E, minyak argan mampu meningkatkan kilau dan kekuatan rambut. Minyak bagus digunakan jika rambut Anda rusak karena alat pemanas dan penataan berlebih.

Minyak biji anggur diekstrak dari biji anggur yang kaya akan nutrisi dan antioksidan yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Ini dapat digunakan sebagai kondisioner tanpa bilas karena tidak membuat kulit kepala dan rambut Anda berminyak. Minyak ini bagus untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, melembabkan ujung rambut, dan memperkuat folikel rambut. 

Minyak kastor diklaim memiliki banyak manfaat termasuk memperkuat helai rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan menutrisi kulit kepala kering. Minyak kastor memiliki kemampuan menciptakan lingkungan yang lebih sehat di kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut pun jadi jauh lebih baik.