Ciri Tubuh Sedang Detoksifikasi, Lakukan dengan Cara Alami Berikut Ini
Ilustrasi ciri tubuh sedang detoksifikasi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tubuh memerlukan proses detoksifikasi atau pembuangan racun secara alami. Detoksifikasi bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ tubuh, mulai dari ginjal, hati, usus, hingga sistem limfatik. Lalu seperti apakah ciri tubuh sedang detoksifikasi atau butuh proses pengeluaran racun?

Kebanyakan dari kita tidak sadar bahwa ada banyak racun yang masuk dalam tubuh. Setiap harinya tubuh kita terpapar bahan kimia akibat makanan, kosmetik, udara dan sebagainya. Jika zat-zat berbahaya tersebut menumpuk di dalam tubuh maka akan menjadi racun yang berbahaya bagi kesehatan. 

Saat racun terkumpul banyak di dalam tubuh Anda maka tubuh akan memberikan sinyal. Sinyal tersebut menandakan bahwa tubuh Anda butuh detox. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan berbagai organ tubuh, kita memerlukan detoksifikasi. 

Tanda Tubuh Butuh Detosifikasi

Tubuh kita akan memberikan sinyal saat ada banyak racun yang menumpuk di dalam tubuh. Berikut tanda-tanda tubuh Anda perlu detoksifikasi.

Mudah Lelah dan Sulit Fokus

Salah satu tanda tubuh perlu detox adalah ketika Anda mudah merasa lelah dan kesulitan fokus. Biasanya kondisi ini terjadi saat Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung gula. 

Tubuh Anda akan membutuhkan energi ekstra saat mengolah dua bahan ini. Apabila tubuh Anda sudah kebanyakan lemak dan gula maka perlu segera melakukan detoksifikasi. Dengan proses detoksifikasi, tubuh Anda akan fit dan sehat kembali. 

Mudah Berjerawat

Kondisi wajah yang mudah berjerawat bisa menjadi tanda bahwa tubuh perlu detoksifikasi. Munculnya masalah kulit bisa menjadi sinyal bahwa anda butuh detoksifikasi. Ketika hormon dalam tubuh tidak seimbang makan kulit Anda akan mudah berjerawat. 

Menumpuknya racun di dalam tubuh menjadi penyebab ketidakseimbangan hormon. Salah satu akibatnya adalah kulit wajah Anda jadi mudah berjerawat. Oleh karena itu Anda perlu detoksifikasi supaya kesehatan kulit kembali membaik. 

Aroma Keringat Tidak Sedap

Tanda lain dari tubuh yang butuh detoksifikasi adalah aroma keringat yang tidak sedap. Pasalnya, keringat menjadi salah satu cara tubuh mengeluarkan racun. Apabila bau keringat Anda semakin berkurang, itu berarti racun yang dikeluarkan semakin banyak. 

Jadi jika aroma keringat Anda kurang sedap dari biasanya, maka bisa menjadi sinyal bahwa tubuh perlu detoksifikasi. Banyaknya racun di dalam tubuh membuat bau keringat menjadi tidak enak. Maka dari itu, Anda perlu segera melakukan detoksifikasi. 

Tidur Tidak Nyenyak

Sulit tidur nyenyak juga bisa menjadi sinyal bahwa tubuh Anda perlu detoksifikasi. Tubuh yang terlalu banyak memproduksi hormon kortisol membuat Anda kesusahan tidur nyenyak. Hormon kortisol merupakan hormon stres yang umumnya akan aktif saat malam hari. 

Jika Anda merasakan kondisi demikian, maka segera lakukan detoksifikasi. Setelah menjalani proses detoksifikasi maka tubuh Anda akan normal dan bisa tidur dengan nyenyak. 

Mengalami Gangguan Pencernaan

Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, bisa jadi tubuh Anda menyimpan banyak racun. Gangguan pencernaan seperti sembelit dan sulit BAB bisa menjadi tanda bahwa Anda perlu detoksifikasi. Racun di dalam tubuh mempengaruhi mikroba yang ada di dalam usus. Kondisi tersebut juga bisa membuat Anda kerap merasa mual dan mudah kentut.

Ciri Tubuh Sedang Detoksifikasi

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana ciri tubuh sedang detoksifikasi? Sebenarnya tubuh yang melakukan proses detoksifikasi tidak memiliki ciri yang spesifik. Anda perlu fokus pada penerapan pola hidup sehat dan melakukan detoksifikasi secara alami

Detoksifikasi adalah proses metabolisme zat toksin di dalam tubuh yang tidak larut air atau lipofilik. Proses ini membuat zat toksi menjadi lebih larut air sehingga bisa diekskresikan lewat organ-organ seperti paru-paru, kulit, ginjal, dan usus. 

Ada beberapa cara detoksifikasi alami. Berikut aktivitas yang perlu Anda jalani:

  • Istirahat atau tidur yang cukup
  • Membatasi konsumsi gula
  • Mengonsumsi makanan kaya antioksidan
  • Rajin berolahraga
  • Banyak minum air putih
  • Berpuasa
  • Konsumsi jus buah dan sayuran segar
  • Menghindari konsumsi alkohol, kopi berlebihan, dan rokok

Bagaimana, detoksifikasi sangat penting bagi kesehatan tubuh bukan? Apakah saat ini Anda merasakan beberapa tanda atau sinyal tubuh di atas? Jika Anda mengalaminya, segera lakukan detoksifikasi secara alami. 

Demikianlah ulasan ciri tubuh sedang detoksifikasi. Daripada penasaran dengan ciri-ciri tubuh yang sedang melakukan detoksifikasi, lebih baik Anda fokus menerapkan hidup sehat. Cara detoksifikasi alami bisa Anda lakukan dengan mudah asalkan memiliki niat yang kuat. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.