5 Rempah yang Bermanfaat Mengatasi Peradangan Kronis pada Sendi
Ilustrasi rempah yang bermanfaat mengatasi peradangan sendi (Freepik/KamranAydinov)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Arthritis atau radang sendi, memiliki gejala radang pada persendian. Untuk mengatasi kronisnya peradangan, banyak sekali jenis rempah yang bermanfaat. Rempah-rempah bermanfaat yang akan dijelaskan di bawah nanti, bisa Anda masukkan sebagai daftar bumbu yang harus ada di rumah. Selain juga bisa ditambahkan dalam sajian sehari-hari, baik dalam bentuk minuman hingga  makanan. Apa saja rempah tersebut? Berikut ini daftarnya.

1. Kayu manis

Secangkir teh yang kaya antioksidan, jika ditambahkan dengan kayu manis serta madu, akan kaya sekali manfaatnya. Kayu manis, mengandung cinnamaldehyde dan cinnamic acid. Keduanya memiliki sifat antioksidan yang membantu menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Penelitian mengatakan lebih lanjut untuk rekomendasi pemakaian. Kayu manis bisa dicampurkan dalam oatmeal atau smoothie mungkin tidak akan besar efeknya. Tetapi jika dicampurkan dengan makanan atau bumbu lain, mungkin akan menawarkan efek anti inflamasi yang kumulatif sepanjang hari.

rempah yang bermanfaat mengatasi radang sendi
Ilustrasi rempah yang bermanfaat mengatasi peradangan sendi (Freepik/stefamerpik)

2. Bawang putih

Pada hampir seluruh hidangan makan siang di meja makan menggunakan bawang putih sebagai bumbu. Karena setiap varietas bawang dan daunnya mengandung dialil sulfida, maka senyawa anti inflamasi ini membantu membatasi efek sitokin penyebab inflamasi. Jadi, bawang putih dapat membantu mengatasi peradangan dan mencegah kerusakan tulang rawan akibat arthritis.

Sebagai tip, pergunakan bawang putih segar. Karena bawang siap saji yang diberi pengawet dapt menurunkan khasiatnya.

3. Kunyit

Dalam kunyit mengandung curcumin yang bermanfaat memblokir sitokin inflamasi dan enzim dalam pembentuk peradangan. Beberapa penelitian yang dilakukan pada manusia, menunjukkan manfaat kunyit dalam mengurangi nyeri sendi dan pembengkakan. Apakah Anda suka sayur lodeh bumbu kuning? Tambahan kunyit sebagai bumbu tak hanya memperkaya rasa, tetapi juga menyehatkan. Menurut rekomendasi dilansir laman Arthritis Foundation, Minggu, 8 Januari, paling efektif jika kunyit dikombinasikan dengan lada hitam untuk membantu khasiatnya diserap tubuh dengan baik.

4. Jahe

Bahan kimia dalam jahe yang disebut dengan gingerol dan shogaol membantu menghalangi jalur peradangan dalam tubuh. Sifat anti inflamasi ini dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Jahe dalam penelitian dapat mengurangi gejala osteoarthritis meski masih dibutuhkan penelitian lanjutan.

Seperti halnya bawang putih, jahe terbaik digunakan dalam bentuk segar. Anda bisa membuatnya menjadi teh.

rempah yang bermanfaat mengatasi peradangan sendi
Ilustrasi rempah yang bermanfaat mengatasi peradangan sendi (Freepik/stefamerpik)

5. Cabai rawit

Cabai mengandung senyaw alami yang disebut capsaicinoids. Senyawa ini bersifat anti inflamasi. Karena cabai memiliki rasa pedas, Anda perlu mempertimbangkan kondisi kesehatan lainnya kalau memakai cabai dalam masakan Anda. Mulailah dari satu atau dua terlebih dahulu agar sistem tubuh menerimanya terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa memakai cabai untuk saus, marinasi, atau sambal.

Sebagai rekomendasi pemakaian rempah yang bermanfat mengatasi peradangan sendi, pakar menyarankan memakai sedikit terlebih dahulu. Aturan praktis lainnya, rempah segar adalah yang terbaik.