7 Cara Memancing Kontraksi Agar Cepat Melahirkan, Ibu Hamil Wajib Tahu!
Ilustrasi (PublicDomainPictures/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara memancing kontraksi agar cepat melahirkan wajib diketahui oleh setiap ibu hamil, terlebih jika usia janin sudah mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL).

Sedianya, HPL dihitung dengan patokan 40 minggu Akan tetapi, banyak wanita melahikan bayi yang sehat sempurna 2 minggu sebelum HPL. Kendati demikian, ibu hamil disarankan menunggu hingga setidaknya 39 minggu untuk melakukan persalinan.

Menurut studi yang dilakukan pada 2011, 201 wanita yang baru saja melahirkan bayi disurvei tentang menginduksi persalinan di rumah. Dari para wanita ini, 50 persen telah mencoba metode alami untuk memulai persalinan.

Nah, jika usia kehamilan Anda sudah mendekati HPL, berikut cara memancing kontraksi agar proses persalinan berjalan dengan lancar.

Cara Memancing Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

Dikutip VOI dari Healthline, Sabtu, 24 Desember 2022, berikut cara alami memancing kontraksi agar cepat hamil:

1. Olahraga Ringan

Olahraga ringan seperti jalan kaki dapat melatih jantung, menghilangkan stres dan meningkatkan kesiapan fisik ibu hamil.

Selain itu, olahraga jalan kaki ringan dapat membantu meningkatkan tekanan pada serviks dan mendorong bayi untuk turun ke panggul.

2. Berhubungan Seks

Ilustrasi
Ilustrasi (Pexels/Rodnae Production)

Secara teoritis, ada beberapa alasan mengapa berhubungan seks dapat memicu persalinan.

Misalnya, aktivitas seksual, terutama saat orgasme, dapat melepaskan oksitosin, yang dapat membantu memicu kontraksi rahim.

Selain itu, bagi ibu hamil yang berhubungan seks, terdapat hormon prostaglandin dalam sperma yang mungkin dapat membantu mematangkan serviks.

Berhubungan seks aman selama dilakukan di minggu terakhir kehamilan, tetapi Anda tidak boleh berhubungan seks setelah ketuban pecah. Melakukannya dapat meningkatkan risiko infeksi.

3. Menstimulasi Puting

Merangsang puting Anda dapat menyebabkan rahim Anda berkontraksi dan dapat menyebabkan persalinan.

Stimulasi puting dapat meningkatkan produksi oksitosin. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan rahim berkontraksi dan payudara mengeluarkan susu.

Terkait hal ini, Anda atau pasangan Anda dapat merangsang puting Anda secara manual, atau Anda dapat mencoba menggunakan pompa payudara.

Menurut penelitian, stimulasi payudara dapat menjadi cara yang efektif untuk:

  • Menginduksi dan menambah persalinan
  • Menghindari induksi medis
  • Mengurangi tingkat perdarahan postpartum

4. Akupunktur

Akupunktur telah digunakan selama ribuan tahun. Dalam Pengobatan Tiongkok, akupuntur dipercaya dapat menyeimbangkan chi atau energi vital di dalam tubuh. Mungkin juga merangsang perubahan hormon atau sistem saraf.

Akupunktur harus diberikan hanya oleh ahli akupunktur berlisensi. Menurut penelitian, manfaat utama akupunktur adalah peningkatan pematangan serviks.

5. Akupresur

Beberapa praktisi percaya bahwa akupresur dapat membantu memulai persalinan. Sebelum menerapkan akupresur pada diri sendiri, pastikan Anda mendapatkan instruksi yang tepat dari ahli akupresur.

Akupresur sendiri merupakan teknik pengobatan tradisional dari Tiongkok. Metode ini mirip dengan akupuntur, namun tidak menggunakan jarum.

Apabila akuprsur tidak berhasil meningkatkan kontraksi, metode ini bisa menjadi cara terbaik untuk menekan rasa sakit dan ketidaknyamanan selama proses persalinan.

6. Konsumsi Minyak Jarak

Konsumsi minyak jarak sekitar 30-60 ml dapat merangsang pelepasan prostaglandin yang dapat membantu mematangkan serviks dan memulai persalinan.

Sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan bidan atau dokter. Orang harus berhati-hati untuk tidak minum terlalu banyak.

7. Konsumsi Kurma

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan kurma di minggu-minggu terakhir kehamilan dapat meningkatkan pematangan serviks dan melebarkan serviks saat proses persalinan.

Konsumsi kurma sebelum persalinan juga mengurangi kemungkinan penggunaan Pitocin (obat untuk induksi persalinan).

Demikian informasi seputar cara memancing kontraksi agar cepat melahirkan. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengaplikasikan cara alami menginduksi persalinan.