Cara Menyimpan Bawang Merah di Kulkas agar Awet dan Tidak Cepat Busuk
Ilustrasi bawang merah (Unsplash/Burhan Rexhepi)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bawang merah merupakan salah satu bahan yang wajib ada di dapur. Bumbu dapur ini biasanya diletakkan di kulkas atau wadah begitu saja. Namun masih banyak yang tidak tahu cara menyimpan bawang merah di kulkas agar tidak busuk. 

Bawang merah menjadi kunci dalam mengolah masakan menjadi lebih sedap. Namun banyak ibu-ibu yang mengeluhkan barang merah yang tersisa di dapur cepat membusuk. Tentu saja ini sangat merugikan, apalagi ketika harga bawang merah sedang mahal. 

Ini Tipsnya

Ada cara khusus menyimpan bawang merah di kulkas agar tidak cepat busuk. Apalagi jika bawang merahnya sudah anda kupas. Berikut tips yang harus anda lakukan. 

Simpan di wadah Tertutup

Bawang merah perlu disimpan di wadah yang tertutup agar tetap awet. Pastikan wadah untuk menyimpan bawang merah kupasan tersebut kedap udara. Bisa dipastikan cara penyimpanan ini akan membuat bawang merah anda mampu bertahan lama. 

Simpan di Freezer

Cara lain menyimpan bawang merah di kulkas agar awet adalah menaruhnya di dalam freezer. Sebelum itu, anda bisa mencincang bawang merah terlebih dahulu. Irisan bawang merah yang disimpan di freezer dapat awet hingga tiga bulan. 

Haluskan Bawang Merah

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menghaluskan bawang merah. Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, anda bisa menghaluskan bawang merahnya terlebih dahulu. Kemudian masak bawang tersebut hingga matang, lalu biarkan dingin. 

Setelah dingin, baru masukkan bawang merah ke dalam kulkas. Jangan lupa untuk menyimpannya di wadah tertutup. Bawang merah tersebut akan bertahan awet hingga dua bulan lamannya. 

Cara Menyimpan Bawang Merah di Luar

Selain menaruhnya di dalam kulkas, anda juga bisa menyimpan bawang merah di tempat terbuka. Apabila disimpan dengan cara yang tepat, bawang merah dapat awet hingga waktu lama. Berikut tips yang perlu anda terapkan.

Simpan Bawang Merah Utuh di Tempat Kering

Bawang merah yang masih utuh lebih baik disimpan di tempat terbuka dibandingkan di kulkas. Tidak semua sayuran cocok untuk disimpan di dalam kulkas, salah satunya bumbu dapur yang satu ini. Setelah membeli dari warung atau pasar, taruh bawang merah di tempat kering tanpa dikupas. 

Saat menyimpan bawang merah di tempat terbuka, anda perlu menaruhnya di wadah yang kering. Biarkan bawang tersebut di  wadah terbuka agar mendapatkan sirkulasi udara yang lancar. Hindari menaruhnya di tempat yang lembap. Dengan cara ini, bawang merah anda bisa awet hingga satu bulan lamanya. 

Jangan Campur Bawang Merah dengan Bawang Putih

Banyak orang yang menaruh bawang merah bersamaan dengan bawang putih. Padahal dua bumbu masak ini harus ditaruh atau dipisahkan di wadah yang berbeda. Apabila dicampur, gas yang berbeda dari bawang merah dan bawang putih dapat membuat cepat busuk. 

Itulah beberapa tips atau cara menyimpan bawang merah di kulkas dan tempat terbuka agar awet. Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat tahan lama, apalagi jika disimpan dengan cara yang tepat. Jangan lupa untuk menyiapkan wadah khusus sebagai tempat penyimpanannya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.