Tubuh Loyo Jelang Sore Hari? Ikuti 5 Cara Mengatasi Badan Lemas dan Ngantuk
Ilustrasi cara mengatasi badan lemas dan ngantuk (Freepik/diana.grytsku)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tubuh loyo bukan tanpa alasan. Kalau sering mengalaminya, perlu cek lagi rutinitas yang Anda lakukan sehari-hari. Karena gaya hidup bisa jadi alasan kenapa badan terasa lemas tak bertenaga saat jelang sore hari meski tak beraktivitas sekalipun.

Berbeda halnya jika Anda sering bepergian. Untuk mengisi ulang kembali energi tubuh, memang membutuhkan waktu lama. Menurut Dr. Alfred Tallia, profesor dan ketua Departemen Kedokteran Keluarga dan Kesehatan Masyarakat di Fakultas KEdokteran Robert Wood Johnson, tingkat energi rendah dapat diatasi dengan melakukan perubahan sederhana pada rutinitas harian Anda. Begini, lima cara mengatasi badan lemas dan ngantuk.

1. Identifikasi cara sehat untuk mengatasi stres

Stres berkontribusi membuat tubuh kurang bersemangat. Melansir Huffpost, Kamis, 8 Desember, stres memiliki dampak besar pada kesehatan fisik Anda. Jika Anda merasakan tingkat stres benar-benar tinggi, ini membuat energi menurun.

Banyak sekali cara mengelola stres yang berdampak pada tubuh loyo. Oleh karena itu, Anda perlu mengenali situasi yang dialami dan cara sehat untuk mengatasi stres. Dokter Nina Vasan, kepala petugas medis untuk aplikasi kesehatan mental Real, mengatakan bahwa meditasi bisa membantu. Anda perlu perhatian penuh atau mindfullnes dengan meditasi rutin selama 5 menit sehingga terbantu dalam mengelola stres dan merasa lebih energik.

cara mengatasi tubuh lemas dan ngantuk
Ilustrasi cara mengatasi badan lemas dan ngantuk (Freepik/diana.grytsku)

2. Batasi minum minuman kafein

Saat tubuh loyo, mungkin Anda tergoda untuk menyeduh cangkir kopi ketiga atau keempat untuk memulihkan tenaga. Namun, minum terlalu banyak kafein memiliki efek paradoks. Bukan membuat Anda bersemangat tetapi lesu.

Minum minuman kafein dalam jumlah besar akan memengaruhi pola tidur Anda. Yang kemudian dapat memengaruhi tingkat energi. Oleh karena itu, kenali batas tubuh dalam menerima asupan minuman kafein. Jangan terlalu banyak karena membuat energi merosot. Hindari pula memotong jumlah secara drastis.

3. Praktikkan kebersihan tidur yang baik dan buat jadi rutinitas

Seperti diketahui secara umum, mendapatkan tidur yang baik membantu meningkatkan energi sepanjang hari. Namun, tingkat energi tidak hanya dipengaruhi oleh jumlah waktu yang Anda dapatkan semalam tetapi juga oleh kualitas tidur. Artinya, Anda perlu mempraktikkan kebersihan tidur yang baik untuk menjaga energi keesokan harinya.

4. Menggerakkan tubuh sepanjang hari

Olahraga perlu dimasukkan dalam rutinitas harian meski intensitas kecil. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dan bergerak sangat penting untuk mengatasi tubuh lemas dan ngantuk. Setidaknya, berjalan di sekitar untuk menghirup udara segar. Cara ini dapat memberikan dorongan energi dan menyeimbangkan kadar hormon Anda.

5. Minum lebih banyak air

Dehidrasi adalah penyebab tubuh loyo, lemas, dan mengantuk. Sel darah meram membawa oksigen, ketika oksigen cukup maka tubuh akan terasa lebih sehat. Tetapi apabila kekurangan cairan tubuh, oksigen dalam sel darah kurang dan memengaruhi tingkat energi tubuh.

Selain cara mengatasi tubuh lemas dan ngantuk seperti penjelasan di atas, Anda juga perlu membatasi waktu menatap layar. Baik layar gawai atau televisi, perlu membutuhkan istirahat dan dibatasi. Di tambah lagi, pastikan makan teratur dan jangan sampai terlewat karena memberikan nutrisi untuk energi sepanjang hari.