Mau Tampil Percaya Diri Mengenakan Mantel atau <i>Coat</i>, Ikuti 7 Tips Ini
Ilustrasi tips memakai mantel sesuai dengan bentuk tubuh (Pexels/Sora Shimazaki)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memilih mantel atau coat memang susah-susah gampang. Biar tetap mendukung kepercayaan diri, kamu bisa memilihnya sesuai dengan bentuk tubuh. Nah, memakai mantel tidak hanya buat tampil fashionable, tetapi juga sebagai pakaian hangat. Berikut tips memilih mantel yang sesuai bentuk tubuh.

1. Rectangle

Perempuan dengan bentuk tubuh rectangle, baiknya memilih coat yang menciptakan ilusi pinggang lebih tegas. Salah satu pilihan terbaik untuk dicoba adalah mantel semi-fitted dengan siluet bentuk ‘A’ karena membantu mempertegas area pinggang. Sementara flare pada bagian bawah membuat tubuh terlihat lebih berlekuk.

2. Hourglass

Tubuh bentuk hourglass atau jam pasir secara alami memiliki keseimbangan kurva yang didistribusikan antara bagian atas dan bawah. Jadi, kamu bisa memilih berbagai jenis mantel. Terutama yang paling baik, yaitu mantel dengan tipe single-breasted dengan ikat pinggang. Coat sepanjang lutut juga manis dipakai perempuan dengan bentuk tubuh jam pasir.

tips memakai mantel sesuai dengan bentuk tubuh
Ilustrasi tips memakai mantel sesuai dengan bentuk tubuh (Pexels/Polina Tankilevitch)

3. Pear dan triangle

Untuk tubuh buah pir atau segitiga, kamu perlu mencari mantel yang memaksimalkan visual bagian atas tubuh dan meminimalkan bagian pinggang ke bawah. Paling cocok, mantel double breasted dengan kerah lebar sehingga ilusi keseimbangan terbangun.

4. Inverted triangle

Berbeda dengan bentuk tubuh lain, perempuan dengan bentuk tubuh inverted triangle harus melakukan kebalikan dari bentuk tubuh triangle. Karena menyeimbangkan bagian bawah dan tubuh bagian atas yang lebih kecil. Pilihan paling sempurna, pakai coat dengan keliman melebar.

5. Apple atau circle

Bentuk tubuh apel atau bulat harus mengincar coat yang memanjangkan siluet tubuh dan membuat pinggang terlihat lebih ramping. Secara umum, cocok memakai mantel panjang dengan potongan maxi. Selain itu, mantel dengan sabuk pinggang sangat berguna untuk tampil sempurna.

6. Bentuk tubuh mungil

Kalau kamu bertubuh mungil, sebaiknya memilih mantel yang terbuat dari kain ringan. Alasannya, agar mudah dan tidak terasa berat. Selain itu, pilih warna pastel yang enak dipandang sehingga memberikan kecerahan dalam penampilanmu.

Kalau memilih warna gelap, kamu perlu berhati-hati. Lebih baik pilih pola yang cerah agar penampilanmu tidak terlihat berat dan tenggelam.

7. Tubuh tinggi

Melansir All Women’s Talk, Rabu, 16 November, apabila kamu tinggi bisa memamerkan mantel panjang dengan penampilan cantikmu. Selain itu, pilih pola, warna, atau motif yang berani. Perlu kamu hindari mantel terlalu pendek karena akan menegaskan kepanjangan tubuh.

Itulah tips memilih mantel yang sesuai dengan bentuk tubuh. Kalau kamu ingin tampil percaya diri mengenakan coat, maka bisa mengikuti cara di atas.