Makanan Pantangan Penderita Asam Urat  dan Cara Menangani Penyakitnya
Ilustrasi penderita asam urat (Pexels/Miriam Alonso)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada pantangan khusus bagi penderita asam urat, khususnya dalam hal konsumsi atau makanan. Ada makanan dan minuman tertentu yang harus dijauhi oleh penderita asam urat. Hal ini tentunya cukup merepotkan bagi pasien asam urat. Namun jika tidak diamalkan maka penyakitnya bisa semakin parah. 

Asam urat merupakan penyakit persendian yang banyak dialami orang. Penderita asam urat paling banyak adalah orang tua atau lansia. Namun banyak kasus asam urat yang menyerang anak muda usia 25 sampai 30 tahun. 

Penyakit asam urat umumnya terjadi di persendian jari kaki, pergelangan kaki dan lutut. Kondisi asam urat cukup menyakitkan bagi penderitanya hingga tidak bisa beraktivitas sehari-hari. Penderita asam urat akan merasakan bengkak dan nyeri pada titik sendi yang mengalami pengkristalan.

Pantangan Asam Urat

Penyakit asam urat dapat diredakan dengan beberapa pantangan makanan dan minuman. Penderita asam urat diminta untuk menghindari makanan yang mengandung purin. Berikut beberapa pantangan makanan penderita asam urat untuk mencegah kekambuhan penyakit ini. 

Jeroan

Jeroan menjadi salah satu bahan olahan makanan yang cukup digemari. Namun makanan ini menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Memakan jeroan dapat menyebabkan penyakit asam urat kambuh karena mengandung terlalu banyak zat besi. 

Minuman Manis

Penderita asam urat juga memiliki pantangan untuk mengkonsumsi minuman manis atau tinggi gula. Kandungan fruktosa dan gula yang tinggi pada minuman dan permen dapat memperburuk penyakit asam urat. 

Makanan Laut

Makanan laut memang sering dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Sayangnya makanan laut menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Orang yang memiliki penyakit asam urat sebaiknya menghindar konsumsi udang, teri, kerang, dan sebagainya. Makanan-makanan tersebut mengandung purin yang tinggi sehingga dapat memperparah penyakit asam urat.

Alkohol

Penderita asam urat juga diminta untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol. Memang tidak semua minuman beralkohol mengandung purin tinggi. Tapi minuman beralkohol yang memiliki kandungan tersebut dapat menyebabkan penumpukkan asam urat di ginjal. 

Sirup Jagung

Sirup juga menjadi minuman yang wajib dihindari oleh penderita asam urat. Sirup yang memiliki kandungan fruktosa tinggi dapat memicu kambuhnya penyakit asam urat. 

Daging Olahan

Makanan lainnya yang menjadi pantangan penderita asam urat adalah daging olahan. Daging olahan memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga dapat memperparah kondisi asam urat. Selain itu, kandungan lemak yang tinggi pada daging olahan dapat menimbulkan kelebihan berat badan yang bisa memperburuk kondisi asam urat. 

Mencegah dan Menangani Asam Urat

Selain mengamalkan pantangan-pantangan tadi, ada beberapa cara lain untuk mencegah dan menangani penyakit asam urat.

Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Penderita asam urat dapat menangani rasa sakit yang dialami dengan cara mengonsumsi obat pereda nyeri. Obat yang bisa dikonsumsi yakni obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen. Mengonsumsi obat ini dapat meredakan rasa nyeri dan pembengkakan karena asam urat. 

Mengompres dengan Es

Cara paling praktis dan alami untuk menangani gejala asam urat adalah dengan mengompres es. Kompres es dapat mengurangi rasa nyeri pada peradagangan sendi akibat asam urat. Caranya dengan menempelkan es ke titik sendi yang mengalami rasa sakit.

Salep Topikal

Penderita juga dapat menangani asam urat dengan mengoleskan salep topikal yang mengandung capsaicin. Salep yang bisa digunakan untuk meredakan asam urat adalah yang mengandung bahan penenang seperti aspercreme, icy hot. Caranya dengan mengoleskap salep pada area yang mengalami pembengkakan. 

Minum Banyak Air Putih

Cara lain untuk menangani penyakit asam urat adalah dengan meminum banyak air putih. Air putih bermanfaat untuk mengeluarkan kristal asam urat yang menumpuk pada sendi. 

Itulah pantangan bagi penderita asam urat dan cara menangani rasa sakitnya. Penderita asam urat harus bersedia untuk menghindari makanan tertentu meski sangat menggiurkan. Sebab mengabaikan atau nekad mengonsumsinya maka penyakit dapat kambuh dan menjadi lebih parah. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.