Mengenal 7 Manfaat Tea Tree Oil bagi Kulit 
Ilustrasi (Chelsea Shapouri/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Anda pasti sudah tidak asing mendengar kandungan yang satu ini. Tea tree oil akhir-akhir ini memang sangat digandrungi. Dikenal dengan segudang manfaat yang terkandung di dalamnya, tea tree oil berasal dari daun teh yang memiliki nama latin Australia Melaleuca Alternifolia.

Tea tree oil merupakan spesies tanaman asli Australia, namun beberapa spesiesnya juga dapat ditemui di Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, dan Filipina. Berikut adalah beberapa manfaat dari tea tree oil yang wajib Anda ketahui.

Bantu Atasi Permasalahan Kulit

Salah satu yang membuat kandungan tea tree oil ini menjadi sangat populer adalah karena manfaatnya yang baik untuk mengatasi berbagai macam permasalah kulit seperti jerawat. Tea tree oil memiliki kandungan terpinene yang bersifat antibakteri dan antiradang, kandungan tersebut mampu membantu mengatasi peradangan dan membasmi bakteri penyebab jerawat.

Menyembuhkan Luka

Manfaat lain dari tea tree oil ini adalah mampu mempercepat penyembuhan luka serta memicu aktivitas sel darah putih yang berperan dalam proses penyembuhan dan mengurangi peradangan.

Menghilangkan Jamur Kuku

Infeksi jamur kuku cukup umum terjadi pada sebagian orang. Meskipun tidak berbahaya, infeksi jamur bisa membuat tampilan kuku jadi kurang enak dilihat. Beberapa obat kimia digunakan untuk mengobati infeksi jamur kuku, namun tea tree oil digunakan sebagai pengobatan alami. Tea tree oil telah terbukti membantu menghilangkan jamur kuku saat digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan bahan alami lainnya.

Mencegah Bau Badan

Bau badan menjadi salah satu permasalahan umum yang kerap kali dialami oleh banyak orang. Efek antibakteri dan kandungan antimikroba pada tea tree oil mampu membunuh mengatasi bakteri kulit penyebab bau badan.

Mengatasi Eskim

Sifat anti radang dalam tea tree oil juga mampu membantu mengurangi gejala eksim dan masalah kulit lainnya. Seperti gatal-gatal, alergi, kemerahan, kulit kering, dan iritasi. Buat Anda yang punya masalah dengan kulit eksim, bisa coba gunakan tea tree oil di kulit yang bermasalah.

Mengontrol ketombe

Ketombe, atau serpihan putih kulit mati yang berasal dari kulit kepala memang tidak berbahaya. Namun, bagi sebagian orang, hal itu bisa mengganggu penampilan. Menambahkan tea tree oil ke sampo telah terbukti mengurangi ketombe. Hal ini diduga terkait dengan sifat anti jamurnya. Dan karena sifatnya yang sedikit lebih asam dari kulit kepala, tak heran jika tea tree oil mampu membantu membersihkan ketombe.

Meringankan psoriasis

Psoriasis adalah kondisi autoimun yang ditandai dengan munculnya ruam kulit, gatal, dan bersisik. Meskipun obat-obatan dapat memperbaiki gejala, namun belum ada obat yang betul-betul bisa menghilangkan psoriasis. Tea tree oil mengandung senyawa anti-inflamasi, yang menurut penelitian dapat membantu meredakan gejala psoriasis.