Mudah Dilakukan, Ini Cara Menanam Bawang Putih di Rumah untuk Pemula
Ilustrasi (Gaelle Marcel/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pernahkah Anda coba menanam bawang putih sendiri? Jika belum, mungkin Anda akan tertarik mencobanya setelah ini. Bawang putih atau Allium Sativum telah dibudidayakan selama berabad-abad dan merupakan salah satu tanaman paling mudah ditanam. 

Bawang putih dibagi menjadi dua jenis, yaitu softneck dan hardneck. Perbedaan keduanya terletak pada batang kaku yang tumbuh di tengah bawang. Softneck tidak memiliki batang sedangkan hardneck memiliki batang. 

Melansir Southernliving, Senin, 17 Oktober, bawang putih membutuhkan 6 hingga 8 minggu untuk tumbuh jika dibudidayakan di cuaca dingin. Sedangkan 3 hingga 5 minggu di kondisi cuaca panas.

Bawang putih tidak suka tanah lembab. Anda bisa menanamnya di tanah berpasir atau tanah liat. Umbi-umbian satu ini bisa Anda tanam dalam pot dengan tanah sedalam satu kaki. Namun, ukuran bawang putih yang tumbuh akan kecil.

Jika Anda ingin bawang putih tumbuh besar, Anda bisa menanam di halaman yang terkena sinar matahari langsung. Pastikan itu adalah tempat yang aman dari gangguan karena bawang putih membutuhkan waktu hingga 8 bulan untuk matang.

Gali lubang sedalam 4 hingga 6 inci (lebih dangkal untuk daerah dengan cuaca hangat, lebih dalam untuk daerah dengan cuaca lebih dingin). Pisahkan kepingan-kepingan bawang secara hati-hati dan pisahkan menjadi beberapa bagian tepat sebelum Anda menanam.

Tempatkan setiap siung di lubang dengan sisi runcing menghadap ke atas, lalu tutup dengan tanah, dengan jarak sekitar 6 hingga 8 inci. Siram dengan baik setelah tanam. Selain itu, beri pupuk secara teratur dan sirami kembali tanah jika terlalu kering. 

Bawang putih biasanya siap dipanen sekitar akhir Mei hingga awal Juli, tergantung di mana Anda tinggal dan kapan Anda menanam. Bila Anda melakukan langkah-langkah menanam dengan benar dan merawatnya sebaik mungkin, tentunya bawang putih Anda akan tumbuh dengan subur. Nah, ketika daun bawang putih sudah semakin panjang dan mulai terlihat menguning, tandanya Anda sudah bisa memakainya.

Namun, agar hasilnya lebih maksimal, Anda dapat memanen bawang putih saat daunnya sudah mulai mengering. Lalu, bersihkan sisa tanah yang menempel pada bagian kulit umbi bawang putih dan gantung di tempat yang sejuk.

Terakhir, sebelum Anda menggunakan bawang putih sebagai bumbu untuk masak, keringkan terlebih dahulu sekitar satu minggu.