Apa Itu Computer Vision Syndrome? Bahaya Menatap Layar Lama dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi computer vision syndrome (Unsplash/Joshua Woroniecki)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Berlama-lama menggunakan gadget, seperti laptop dan handphone, dapat menimbulkan masalah kesehatan gangguan mata. Gangguan mata akibat mengunakan gadget atau perangkat elektronik disebut dengan istilah computer vision syndrome (CVS). Kondisi tersebut juga disebut sebagai digital eye strain atau visual fatigue. 

Computer vision syndrome yang bisa dialami seseorang berupa kelelahan atau rasa pegal pada mata. Selain itu, seseorang dengan gejala CVS bisa mengalami masalah di area kepala, leher, hingga punggung. Tingkat gejala CVS ditentukan dari lamanya durasi penggunaan komputer. 

Meski pekerjaan di depan laptop dan bermain handphone termasuk kegiatan yang sepele, namun jika dilakukan berlebihan dapat membahayakan kesehatan secara tidak langsung. Jadi anda perlu memahami penyebab CVS dan cara mengatasinya.

Apa Itu Computer Vision Syndrom?

Computer Vision Syndrom (CVS) adalah kondisi gangguan pada mata yang terjadi akibat penggunaan gadget dalam waktu lama. Gejala CVS akan timbul ketika seseorang menatap layar gadget dalam durasi yang lama. 

Banyak gangguan kesehatan mata yang disebabkan oleh CVS, seperti mata lelah, penglihatan kabur, hingga iritasi mata. Sebanyak 50 - 90 persen orang yang bekerja memakai komputer mengalami gejala CVS. Kondisi ini terjadi akibat mata terpapar cahaya biru atau blue light yang terpancar dari sinar laptop. 

Gejala Computer Vision Syndrom

Computer vision syndrom mirip termasuk dalam cedera karena aktivitas yang berluang dan secara berlebihan, seperti kondisi carpal tunnel syndrome. Gejala CVS menyebabkan ketidaknyamanan dan menganggu aktivitas. Berikut gejala-gejala CVS yang bisa anda alami. 

  • Penglihatan  kabur
  • Penglihatan ganda
  • Kering, mata merah
  • Iritasi mata
  • Sakit kepala
  • Sakit leher atau  punggung

Cara Mengatasi Computer Vision Syndrome

Computer vision syndrome dapat diatasi dengan beberapa treatment. Lakukan langkah-langkah berikut ini. 

Mengistirahatkan Mata

Cara pertama untuk mencegah computer vision syndrome adalah dengan mengistirahatkan mata. Tak banyak yang menyadari jika mata juga butuh istirahat sama seperti tubuh dan pikiran. 

Ketika anda bekerja dan bermain menggunakan gadget, pastikan anda melakukan istirahat. Jangan sampai mata anda terpaku di depan layar dalam waktu lama atau tanpa jeda. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gejala CVS.

Lakukan konsep 20-20-20 untuk menjaga kesehatan mata anda. Alihkan pandangan dari layar setiap 20 menit atau lebih dan lihat sesuatu yang berjarak sekitar 20 kaki selama sekitar 20 detik. Jangan lupa juga untuk sering berkedip agar mata Anda tetap lembab. 

Menyesuaikan Pengaturan Cahaya 

Cara selanjutnya untuk mengatasi computer vision syndrome adalah dengan mengatur cahaya. Anda bisa menyesuaikan tampilan di komputer anda dengan kenyamanan mata anda. Sesuaikan kecerahan, kontras, dan ukuran font hingga Anda menemukan yang terbaik untuk Anda.

Mengurangi Pancaran yang Silau

Selain dari komputer, anda juga perlu mengatur pencahayaan di sekitar komputer atau tempat anda bekerja. Atur cahaya untuk mengurangi efek dari layar komputer. 

Jika cahaya dari jendela memancarkan silau, tutup tirai dan pindahkan komputer Anda. Pasang lampu meja untuk perlengkapan tambahan jika lampu utama terlalu terang atau membeli lampu untuk menerangi meja kerja. Selain itu anda juga bisa memasang filter cahaya di komputer.

Mengatur Jarak Meja 

Posisi komputer atau jarak layar dengan mata juga menentukan kondisi mata anda. Anda perlu mengatur ulang posisi meja anda untuk mendapatkan jarak yang ideal. 

Atur meja di bawah ketinggian mata, sekitar 30 cm dari wajah Anda. Jadi anda tidak perlu meregangkan leher atau meregangkan mata untuk melihat layar komputer. Letakkan dudukan di samping monitor dan letakkan bahan materi yang anda butuhkan. Jadi Anda tidak perlu melihat bolak-balok ke layar dan ke meja. 

Itulah pengertian computer vision syndrome dan cara mengatasinya. Berlama-lama di depan layar gadget memang membuat anda lupa waktu. Namun anda tetap harus memperhatikan kesehatan mata anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.