9 Bahan Makanan yang Sebaiknya Disimpan di Kulkas
Ilustrasi (Darrien Staton/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ada beberapa makanan dapat rusak lebih cepat daripada yang lainnya di dalam kulkas ataupun luar kulkas. Akan tetapi, seperti yang dilansir dari Cnet, Kamis, 22 September dengan teknik penyimpanan yang tepat, barang-barang kebutuhan sehari-hari ini dapat memiliki umur simpan yang sangat lama. Berikut adalah beberapa makanan yang akan bertahan lebih lama dari yang Anda kira, baik di kulkas maupun di ruangan. 

Saus tomat

Secara teknis, saus tomat tidak perlu disimpan di lemari es. Tapi jika pemakaian saus tomat bisa lebih dari berbulan-bulan, maka sebaiknya simpan di kulkas untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Saus tomat dari bahan organik  atau yang dibuat tanpa bahan pengawet harus selalu disimpan dalam kulkas.

Sirup 

Dalam keadaan masih tersegel, sirup aman disimpan dalam suhu ruangan selama dua hingga tiga tahun. Namun, setelah dibuka pindahkan sirup ke lemari es agar tetap aman dikonsumsi hingga enam bulan. Sirup yang sudah tidak layak konsumsi bisa dilihat dari munculnya jamur atau terciumnya aroma tengik. 

Jagung

Jagung mulai kehilangan rasa manisnya sesaat setelah dipanen. Anda bisa menyimpan jagung dalam kulkas untuk memperlambat proses kimia yang merusak rasa. Metode terbaik untuk menyimpan jagung di lemari es adalah membiarkannya pada suhu 4,44 Celcius. Rasa manis pada jagung akan bertahan hingga seminggu.

Pisang matang

Jangan menyimpan pisang mentah dalam kulkas karena akan mengganggu proses pematangan.Namun, jika Anda memasukkan pisang matang ke kulkas maka dapat mencegah dari kerusakan. Kulitnya akan berubah menjadi cokelat tua, tetapi rasanya masih seperti pisang matang.

Tepung kacang dan tepung gandum utuh

Tepung gandum utuh harus disimpan di lemari es setelah dibuka. Karena bibit gandum akan rusak dan jadi tengik j lebih cepat daripada jenis tepung lain. Hal yang sama berlaku untuk tepung dari kacang seperti almond atau tepung mete.

Susu kedelai dan kacang

Saat masih disegel, produk susu kedelai maupun susu almond bisa Anda simpan pada suhu kamar sampai tanggal kedaluarsa yang tertera pada karton. Namun, setelah dibuka susu kedelai dan kacang harus didinginkan dan dikonsumsi dalam waktu seminggu.

Buah kering

Dengan kandungan air yang jauh lebih rendah daripada buah biasa, buah kering bisa bertahan selama beberapa bulan dalam suhu ruangan. Namun, jika Anda berencana menyimpan buah kering lebih dari beberapa bulan, masukkan ke dalam lemari es agar tetap segar lebih lama.

Keju

Keju keras seperti cheddar, American atau Parmesan dapat disimpan dengan aman pada suhu kamar. Namun, keju yang belum matang atau lunak (mozzarella, ricotta, brie) harus disimpan di kulkas sampai siap untuk dikonsumsi. Semua keju akan bertahan lebih lama jika diletakkan di lemari es.

Obat-obatan

Beberapa jenis obat tertentu baik disimpan dalam kulkas. Misalnya insulin. Jika ditaruh di suhu ruangan, insulin dapat kehilangan efektivitasnya. Obat lain yang juga bisa didinginkan adalah penisilin, aspirin, dan amoksisilin. Beberapa orang juga memilih untuk mendinginkan obat tetes mata. Tetes mata yang dingin memberikan efek sejuk dan menyegarkan mata perih dan kering.